Donor Darah Masal ke-50, RAPP Kumpulkan 3,5 Juta CC Darah

id donor darah, masal ke-50, rapp kumpulkan, 35 juta, cc darah

Donor Darah Masal ke-50, RAPP Kumpulkan 3,5 Juta CC Darah

Pelalawan, (Antarariau.com) - Karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui Keluarga Donor Darah Riau Kompleks berhasil mengumpulkan 514 kantong darah pada periode ke 50 di Unigraha Hotel, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Sabtu.

Penyelenggaraan donor darah masal telah menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tigakali dalam setahun oleh PT RAPP melalui KDD Riau Kompleks sejak sebelum 2008 silam, tak ayal, selama iven sosial ini digelar menurut rekam perolehannya sudah berhasil mengumpulkan 3,5 juta cc darah yang disumbangkan secara sukarela oleh karyawan perusahaan kayu dan bubur kertas ini.

"3,5 juta cc darah selama kegiatan ini digelar dari sebelum 2008 lalu. Bayangkan dampak dari sumbangan darah dalam jumlah yang sangat besar ini bagi keselamatan nyawa sesama," kata Direktur PT RAPP Rudi Fajar disela-sela kegiatan Sukseskan Donor Darah Emas dan Bulan K3 Nasional di Unigraha Hotel, Kabupaten Pelalawan, Sabtu.

Ratusan karyawan tampak memboyong keluarganya memadati lokasi donor darah, mereka terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan sosial kemanusiaan ini. Di sisi lain, terlihat seorang karyawan dengan sabarnya menunggu antrian padahal tengah menggendong anaknya yang masih berumur tiga tahun.

Sebagian diantara mereka tidak terlihat gusar, bahkan ada yang tersenyum saat melakukan medical check up sampai pengambilan darah oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

"Saya bahkan takhjub dengan pendonor darah, mereka datang saja sudah tersenyum dan terlihat semangat. Ada yang dari pukul 06.00 WIB, sudah dari pagi sekali mengantri, itu datang dengan niat yang iklas," ujar Rudi Fajar.

"Semangat luarbiasa sangat terlihat, sampai pukul 10.00 WIB saja sudah ada 400 pendonor yang mendaftar, belum lama kegiatan ini dimulai, padahal target kita di Periode 50 ini hanya 500 kantong," sambung Rudi.

Rudi turut mengapresiasi toleransi yang terpancar dari karyawan RAPP, meski berada di tengah keberagaman agama maupun etnik, tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam beramal membantu sesama.

"Di tengah isu yang dihadapi Negara kita tentang gonjang ganjing perbedaan, namun disini terlihat toleransinya sangat tinggi, yang hadir ini adalah beragam agama dan beragam etnis," urai Rudi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Riau, PMI Kota Pekanbaru, PMI Kabupaten Pelalawan, Ketua DPRD Pelalawan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pelalawan serta kariawan RAPP yang juga sebagai pendonor darah.

Sementara, Ketua KDD Riau Kompleks Raylus Nurdin menginformasikan kegiatan donor darah masal telah terlaksana mulai 2000 lalu dengan jumlah peserta donor darah hanya berkisar 20 pendonor.

Kemudian pada 5 Mei 2008 terbentuklah KDD Riau Kompleks, mereka mulai fokus berkecimpung pada kegiatan sosial tersebut. Buah hasilnya, mampu menggaet karyawan secara sukarela untuk beramal pada iven kesehatan ini.

Hingga periode ke 49, kata dia, November 2016 akumulasi kantong darah mencapai 8.551 kantong atau setara 3,4 juta cc darah. Sedangkan pada periode ke 50, Februari 2017 telah berhasil mengumpulkan 514 kantong darah sehingga diakumulasikan mencapai 3,5 juta cc darah.

"Target kita pada periode ke 60 nanti, Insyaallah akumulasinya mencapai 5 juta cc darah," ujarnya optimis. ***4***