(Video) Karyawan RAPP Nyumbang Ratusan Kantong Darah

id video karyawan, rapp nyumbang, ratusan kantong darah

(Video) Karyawan RAPP Nyumbang Ratusan Kantong Darah

Oleh Diana Syafni

Pelalawan, (Antarariau.com) - Karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui Keluarga Donor Darah Riau Kompleks berhasil mengumpulkan 514 kantong darah pada periode ke 50 kali di Unigraha Hotel, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Sabtu.

Aksi donor darah massal tersebut telah terselenggara secara konsisten dan fluktuatif sejak sebelum 2008 lalu. Yang mana, peserta donor darah merupakan karyawan RAPP, keluarga serta kontraktor yang berkonstribusi secara sukarela pada iven sosial ini.

"Dengan bertambahnya 514 kantong darah sumbangan peserta donor ini berarti rekam akumulasi darah telah mencapai 3,5 juta cc darah," kata Ketua KDD Riau Kompleks Raylus Nurdin usai kegiatan Sukseskan Donor Darah Emas dan Bulan K3 Nasional di Unigraha Hotel, Kabupaten Pelalawan, Sabtu.

Raylus Nurdin menginformasikan kegiatan donor darah masal telah terlaksana mulai dari tahun 2000 silam, dengan jumlah peserta donor darah hanya berkisar 20 pendonor.

Kemudian pada 5 Mei 2008 terbentuklah KDD Riau Kompleks, mereka mulai fokus dan komitmen untuk membuka dalam skala besar bagi Karyawan. Buah hasilnya, mampu menggaet karyawan secara sukarela untuk beramal pada iven kesehatan ini.

Hingga periode ke 49, kata dia, pada November 2016 akumulasi kantong darah mencapai 8.551 kantong atau setara 3,4 juta cc darah. Sedangkan pada periode ke 50, Februari 2017 telah berhasil mengumpulkan 514 kantong darah sehingga diakumulasikan mencapai 3,5 juta cc darah.

"Target kita pada periode ke 60 nanti, Insyaallah akumulasinya mencapai 5 juta cc darah, dengan begitu kita akan gelar iven ini 5 kali setahun" ujarnya.

Benar saja, antusiasme terlihat, ratusan karyawan tampak memboyong keluarganya memadati lokasi donor darah, mereka terlihat sangat semangat. Sebagian diantara mereka tidak terlihat gusar, bahkan ada yang tersenyum saat melakukan medical check up sampai pengambilan darah oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Turut hadir Direktur Utama PT RAPP, Rudi Fajar, Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Riau, PMI Kota Pekanbaru, PMI Kabupaten Pelalawan, Ketua DPRD Pelalawan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pelalawan serta kariawan RAPP yang juga sebagai pendonor darah.

Dibawah videonya