PMI dan RAPP Bertekad Pecahkan Rekor MURI Donor Darah Terbanyak

id pmi dan, rapp bertekad, pecahkan rekor, muri donor, darah terbanyak

PMI dan RAPP Bertekad Pecahkan Rekor MURI Donor Darah Terbanyak

Oleh Diana Syafni

Pelalawan, (Antarariau.com) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Riau menggandeng PT Riau Andalan Pulp and Paper bertekad untuk memecahkan rekor Museum Dunia Rekor Indonesia atau yang dikenal rekor MURI sebagai pendonor terbanyak.

Hal tersebut didasari karena konsistensi PT RAPP dalam menyelenggarakan aksi donor darah massal sejak sebelum tahun 2008 hingga kini, sehingga berhasil mengumpulkan 3,5 juta cc darah.

"Bagaimana kedepan pihak PMI Riau bersama dengan RAPP, kita pecahkan rekor MURI dengan melakukan donor darah serentak, dengan semua fasilitas yang ada kita undang dari Kota Pekanbaru maupun Kabupaten/Kota lainya," kata Ketua PMI Riau Syahril Abubakar usai kegiatan Sukseskan Donor Darah Emas dan Bulan K3 Nasional di Unigraha Hotel, Kabupaten Pelalawan, Sabtu.

Tidak hanya sekedar niatan belaka, Syahril pun bertekad mengundang Ketua Umum PMI yang juga Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla turut hadir dalam donor darah serentak yang sedang dirancangnya itu.

"Kalau memang manajemen PT RAPP siap, kita undang pula Ketua PMI, pak JK (Jusuf Kalla) hadir di tengah-tengah kita," sebutnya.

Dalam rangkaian aksi donor darah yang digelar PT. RAPP melalui Keluarga Donor Darah Riau Kompleks tersebut, Ketua PMI mengapresiasi atas konsistensi dan fluktuatifnya penyelenggaraan iven hingga berlangsung sampai periode ke 50 kali.

"Penyelenggaraan kegiatan ini belum ada duanya di Riau, kita bangga dan mengapresiasi aksi ini," sebutnya pula.

Bahkan berkat konstribusi karyawan PT RAPP, Kabupaten Pelalawan termasuk kawasan dengan pendonor darah terbanyak. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan Nasri FE, yang menyebutkan Perusahaan di bidang kayu dan bubuk kertas itu sebagai penyumbang darah terbanyak dalam iven sosial tersebut.

Sementara, Direktur Utama PT RAPP Rudi Fajar menyambut baik niat PMI Riau untuk menggelar rekor MURI donor darah serentak.

"Kita akan follow up untuk penyelenggaraan rekor MURI ini, apalagi dengan hadirnya bapak JK ini sangat didukung," kata Rudi di sela-sela kegiatan donor darah massal.

Adapun aksi sosial donor darah massal merupakan iven rutin yang diselenggarakan PT RAPP 3 kali dalam setahun. Untuk periode ke 50 kali ini, pihaknya berhasil mengumpulkan 514 kantong darah yang merupakan sumbangan sukarela dari Karyawan perusahaan, keluarga Karyawan serta kontraktor.

Hingga periode ke 49, pada November 2016 akumulasi kantong darah mencapai 8.551 kantong atau setara 3,4 juta cc darah. Sedangkan pada periode ke 50, Februari 2017 telah berhasil mengumpulkan 514 kantong darah sehingga diakumulasikan mencapai 3,5 juta cc darah.

PT RAPP melalui KDD Riau Kompleks menargetkan pada periode ke 60 mencapai 5 juta cc darah dengan penyelenggaraan iven 5 kali dalam setahun.