AP II Pekanbaru Sediakan Rp2,5 Miliar Dana PKBL Di 2017

id ap ii, pekanbaru sediakan, rp25 miliar, dana pkbl, di 2017

AP II Pekanbaru Sediakan Rp2,5 Miliar Dana PKBL Di 2017

Pekanbaru (Antarariau.com) - PT Angkasa Pura II di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru mengklaim menyediakan dana sebesar Rp2,5 miliar bagi bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) disekitar wilayah operasi bandara pada 2017.

"Jumlahnya meningkat dari tahun lalu Rp2 miliar," kata General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Jaya Tahoma Sirait di Pekanbaru, Senin.

Jaya Tahoma Sirait mengemukakan dana PKBL ini merupakan bantuan kepedulian sosial perusahaan Angkasa Pura II Pekanbaru Sultan Syarif Kasim II bagi masyarakat yang berlokasi di sekitar bandara.

"Tiap tahun disisihkan dari laba bersih," tuturnya.

2017 ini rincinya peruntukan dana PKBL tersebut rencananya dibagi kepada kemitraan yang dipinjamkan dengan bunga lunak bagi masyarakat yang punya usaha.

"Totalnya Rp1,7 miliar," urainya.

Masih menurut Jaya rencana penyaluran dana pinjaman PKBL tahap I Maret 2017, dengan nilai Rp500 juta. Sekarang sedang evaluasi penerima," ujarnya.

Selanjutnya Tahap II akan digelontorkan lagi Juli dengan besaran Rp 500 juta.

"Makanya kalau ada yang membutuhkan silahkan mengajukan ke AP II," tuturnya.

Kemudian dengan nilai yang sama akan disalurkan September. Lalu sisanya Rp400 juta pada Desember.

Ia menambahkan dari total Rp2,5 miliar sisanya sebesar Rp800 juta akan digunakan bagi program lainnya.

"Rencananya bagi bantuan operasi katarak, bibir sumbing dan pembuatan kaki palsu di Pekanbaru," tegasnya.

Jaya juga menerangkan sebelumnya besaran dana PKBL yang digelontorkan pada 2016 di Pekanbaru mencapai Rp2 miliar. Dari dana tersebut yang telah disalurkan sekitar Rp1,745 miliar.

Menurut dia program yang dibantu AP II selama ini bentuknya kemitraan bidang industri, perdagangan, perikanan, pertanian dan sebagainya.

"Namun 54 persennya untuk perdagangan karena Pekanbaru lebih banyak bergerak di sektor industri dan jasa," terangnya.

Ia menambahkan sejak AP II diamanatkan menyalurkan PKBL 2004 -2016 dana yang sudah digelontorkan bagi bantuan kemasyarakatan ada Rp 23 miliar lebih.