Festival Pacu Jalur Jadi Pariwisata Andalan, Ini Langkah Pemkab Kuansing

id festival pacu, jalur jadi, pariwisata andalan, ini langkah, pemkab kuansing

Festival Pacu Jalur Jadi Pariwisata Andalan, Ini Langkah Pemkab Kuansing

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau bertekad untuk menjadikan festival "Pacu Jalur" menjadi destinasi pariwisata andalan, sehingga perlu meningkatan sarana dan prasarana pendukung.

"Acara seni dan budaya itu sudah dikenal hingga ASEAN," kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Muradi di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, semua pihak yang terkait diharapkan mendukung program itu, peranan pihak swasta sagat diharapkan bahkan semua fasilitas harus modren dengan pengelolaan lebih baik dan peningkatan kinerja tim penyelenggaraan event setiap tahunnya agar tidak mengalami hambatan.

Pemerintah mengandeng pihak swasta untuk membangun infrastruktur yang modren bertaraf nasional, selain itu juga pentingnya manajemen pengelolaan festival pacu jalur yang lebih baik dan sangat penting dukungan dari masyarakat.

" Dukungan pemerintah Provinsi Riau dan pusat sangat diharapkan dalam mengoptimalkan kegiatan festival jalur setiap tahun tersebut," sebutnya.

Bupati Kuantan Singingi Mursini di setiap kesempatan melayur jalur terus menyampaikan pentingnya sebuah perubahan, pengelolaan yang baik dan pentingnya promosi agar lebih nasional dlam penyelanggaraan event.

" Bupati minta diselenggarakan bukan hanya pada bulan Agustus tetapi bisa dibulan lainnya," ujarnya.

Bupati Kuantan Singingi Mursini mengatakan, event pacu jalur sudah dikenal luas dan setiap tahun dapat dilaksanakan di Kuansing, hal ini sangat luar biasa namun perlu lebih di nasionalkan agar semakin besar wisatawan yang berkunjung ke Kota jalur.

" Dengan demikian akan menjadi destinasi pariwisata unggulan Riau," pintanya.

Lebih jauh dijelaskannya, selain event pacu jalur tingkat nasional yang dilaksanakan pada bulan Agustus, Kuantan Singingi juga menyelenggarakan event pacu jalur pada tingkat rayon.

Salah satu warga Kuansing Reflizar menyebutkan, sebaiknya penyelenggara festival jalur mengagendakan wisata lainnya untuk mendukung evet tersebut sehingga waisatwan semakin tertarik kedaerah.

" Pemerintah dan swata menyuguhkan wisata budaya, reliji dan membawa pengunjung keliling Kuansing," pintanya.

Dengan demikian maka terwujud Kuansing menjadi destiasi budaya nasional, sejumlah objek wisata menarik dapat diketahui masyarakat luas.

(ADV)