Ingin Jantung Anda Sehat?? Hindari 10 Makanan Berikut

id ingin jantung, anda sehat, hindari 10, makanan berikut

Ingin Jantung Anda Sehat?? Hindari 10 Makanan Berikut

Jakarta (Antarariau.com) - Ingin jantung Anda tetap sehat? Berikut 10 makanan yang perlu Anda jauhi demi jaga kesehatan jantung, seperti dilansir Time.com.

1. Burger cepat saji Ahli kardiologi dari Hofstra University, Dr. Regina Druz mengatakan konsumsi relatif tinggi lemak jenuh yang berasal dari hewan dan karbohidrat berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Memasak makanan sendiri bisa menjadi upaya cerdas mengurangi kombinasi lemak jenuh dan karbohidrat.

2. Daging olahan Daging-dagingan semisal sosis dan bacon bisa mengandung lemak jenuh tinggi. Kalaupun Anda memilih jenis yang mengandung lemak jenuh kadar rendah, perlu waspadai kandungan garamnya yang tinggi. Enam potong daging olahan (deli meat) saja bisa mengandung setengah kebutuhan garam harian Anda menurut asosiasi kesehatan jatung di Amerika. "Orang-orang harus membatasi asupan garam karena sodium berhubungan dengan tekanan darah tinggi," ujar direktur Woman s Cardiovaskular Health Program dari Ohio State University Wexner Medical Center, Dr Laxmi Mehta.

3. Makanan yang digoreng Beberapa studi telah menunjukkan, makanan yang digoreng semisal kentang goreng dan sebagainya meningkatkan resiko penyakit jantung. Metode memasak ini memunculkan lemak trans, yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh.

4. Permen Konsumsi gula tingkat tinggi berkontribusi memunculkan obesitas, peradangan, kolesterol tinggi, diabetes, yang semuanya merupakan faktor pemicu hadirnya penyakit jantung.

5. Minuman ringan dan jus mengandung gula buatan.

6. Sereal mengandung gula Sekalipun nampaknya bagus untuk dikonsumsi saat sarapan, namun sereal bisa saja mengandung gula. "Konsumsi karbohidrat dan gula di pagi hari bisa membuat kadar gula dalam darah naik turun," Ketimbang itu, sebaiknya konsumsi buah-buahan, semisal alpukat.

7. Kue-kue kering Kebanyakan makanan yang dipanggang terutama yang diproduksi secara komersial cenderung mengandung banyak gula dan lemak jenuh.

8. Margarin Masih menjadi perdebatan menyoal munculnya resiko penyakit kardiovaskular akibat lemak jenuh, seperti misalnya dalam margarin. Namun, konsumsi makanan mengandung lemak trans yang tinggi nampaknya meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Agar aman, pilih lah margarin yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial, atau tetap dengan minyak zaitun sebagai gantinya.

9. Pizza Pizza menempati urutan kedua dalam daftar makanan "gurih" versi Asosiasi Kesehatan Jatung Amerika. Makanan ini mengandung sodium dalam serta lemak jenuh, bahkan di toppingnya (bila itu daging). Sebaiknya pilih topping sayuran sebagai gantinya.

10. Soda Sejumlah penelitian menunjukkan, mereka yang mengonsumsi soda cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada mereka yang tak minum soda. Selain itu, bahan kimia dalam minuman soda sebenarnya dapat mengubah bakteri pencernaan dan membuat orang lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Berat badan berlebih merupalan salah satu faktor munculnya resiko penyakit jantung.