Lima Desa Di Kuansing Terendam Banjir!!

id lima desa, di kuansing, terendam banjir

Lima Desa Di Kuansing Terendam Banjir!!

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Ratusan rumah di Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, tergenang banjir akibat tingginya curah hujan yang membuat air sungai meluap.

"Air sungai meluap, karena itu warga harus waspada," kata Camat Kuantan Mudik, Kuantan Singingi Javrian Apriadi di Teluk Kuantan, Jumat.

Camat mengatakan, banjir sudah merendam lima desa di Kecamatan tersebut sesuai data yang diterima untuk wilayah Pantai ada sekitar 60 rumah yang sudah terendam, Cengar dan Seberang Cengar ada sekitar 55, Lubuk Ramo dan Rantau Sialang belum ada kepastian jumlahnya.

Masyarakat khususnya yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) sebaiknya tetapmenjaga kewaspadaan, dimana khawtirnya ada peningkatan volume air yang berakibat rawan.

" Kami berharap instansi terkait bisa turun kelapangan dan membantu warga," sebutnya.

Menurutnya, sembari menunggu, pihak aparat desa diminta untuk membuat surat secara resmi ke Dinas Sosial untuk meminta bantuan selama banjir melanda wilayah tersebut.

Salah satu warga Kuansing Hendri menyebutkan, jika datang hujan lebat sejumlah wilayah Kuantan Singingi digenangi air, rumah dan pekarangan penduduk dipastikan direndam banjir hingga beberapa hari.

" Masih banyak wilayah yang rendah, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS)," sebutnya.

Kondisi seperti itu sebaiknya pihak pemerintah cepat tanggap, agar keluhan dan keresahan warga dapat teratasi dengan baik sebelum datang bencana lain dan rawan kecelakaan.

Biasanya, akibat banjir bukan saja pertanian masyarakat gagal panen tetapi sejumlah ternak terserang penyakit, kerugian masyarakat tidak terukur, semantara bantuan yang diterima hanya untuk makan dan minum.

" Pemerintah sebaiknya juga mendata kerugian masyarakat dan dapat membantu," pintanya.