Hujan Berkepanjangan, Dua Rumah Di Kuansing Tertimbun Longsor

id hujan berkepanjangan, dua rumah, di kuansing, tertimbun longsor

Hujan Berkepanjangan, Dua Rumah Di Kuansing Tertimbun Longsor

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Dua unit rumah milik Doni dan Dewi di Lubuk Ambacang, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, tertimbun tanah longsor, sejak hujan lebat yang melanda wilayah tersebut sejak Kamis (2/3).

"Untungnya tidak ada korban jiwa, namun perhatian pemerintah sangat dibutuhkan," kata Salah satu warga Kuantan Singingi (Kuansing) Hendrianto di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, masyarakat mulai cemas akibat sejumlah wilayah diguyur hujan lebat yang berdampak kepada runtuh sejumlah tebing karena tidak mampu menahan arus air mengalir, disamping kurangnya tumbuhan penahan tebing, rumah milik Doni dan Dewi rusak berat.

Instansi terkait sebaiknya cepat tanggap membantu kesulitan warga yang kemalangan tersebut dan memberikan bantuan agar masyarakat yang ditempa kemalangan itu mendapat perhatian, namun yang lebih penting bagaimana kedepannya instansi terkait membangun turap penahan tebing untuk menjaga keselamatan warga.

"Kejadian pada Kamis (2/3), sekira pukul 09.00 WIB disaat pemilik rumah sedang berkumpul bersama anggota keluarga," katanya menyebutkan.

Seorang pemilik rumah yang terletak di Dusun Anggrek Doni Sandra Lubuk Ambacang mengatakan, disaat sedang berkumpul, kejadian secara tiba - tiba dan hal itu tanpa di sadari.

"Sebelumnya tidak pernah terjadi," ujarnya.

Akibat kejadian ini, separuh bagian rumah hancur terkena timbunan dan bebatuan, longsor itu tidak hanya menimbun rumah, bahkan ruas jalan raya yang mengakibatkan warga lain terhambat untuk lewat.

Warga lainnya Dewi yang berada di Dusun Dahlia, Desa Lubuk Ambacang juga terkena musibah, hampir separuh rumah tertimbun tanah akibat lonsor itu.

Camat Hulu Kuantan Hamiyudin mendengar informasi itu langsung turun ke lokasi dan berharap Pemda Kuansing melalui Dinas Bina Marga meminta mengirimkan alat berat guna untuk membantu warga yang terkena musibah longsor tersebut.

"Akibat hujan bukan saja longsor tetapi banjir," sebutnya.

Karena itu, semua masyarakat yang berada di wilayah yang rawan sebaiknya berhati-hati dan menjaga keluarga untuk tidak berada di areal yang mengkhawatirkan.