Jembatan Roboh, Arus Transportasi Sungai Inhil Terhambat

id jembatan roboh, arus transportasi, sungai inhil terhambat

Pekanbaru (Antarariau.com) - Jalur transportasi yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, ke Kepulauan Riau terganggung akibat puing jembatan yang roboh menutupi badan sungai.

"Petugas gabungan masih berusaha mengangkat puing jembatan menggunakan crane," kata Kepala Polres Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Dolifar Manurung dihubungi dari Pekanbaru, Jumat.

Dolifar mengatakan jembatan yang roboh tersebut berada di Desa Bente, Kecamatan Mandah, Kabupaten Inhil. Peristiwa robohnya jembatan terjadi pada Jumat pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB.

Ia menguraikan akibat robohnya jembatan tersebut, pemilik kapal cepat yang biasa melintas melalui Sungai Mandah itu harus memutar. Akibatnya waktu tempuh menjadi lebih jauh dan berbahaya karena memutar melintasi laut lepas dengan gelombang tinggi.

Sementara itu, akibat robohnya jembatan kayu tersebut seorang siswi sekolah sempat terjatuh meski berhasil diselamatkan dan hanya mengalami luka ringan.

"Korban terjatuh saat akan berangkat sekolah. Namun berhasil diselamatkan," katanya.

Menurut Dolifar, jembatan yang membelah sungai Mandah itu merupakan jembatan tua yang memang rawan roboh. Jembatan itu telah berusia 15 tahun. "Jadi jembatan itu roboh karena dimakan usia," ujarnya.

Akibat robohnya jembatan, sejumlah desa di Kecamatan Mandah menjadi terisolir. Masyarakat setempat saat ini hanya mengandalkan kapal kayu untuk memenuhi kebutuhan ke ibu kota kecamatan.