Sekda Dumai: Rencana Pembangunan Harus Sesuai Dengan Kebutuhan Masyarakat!!

id sekda dumai, rencana pembangunan, harus sesuai, dengan kebutuhan masyarakat

Sekda Dumai: Rencana Pembangunan Harus Sesuai Dengan Kebutuhan Masyarakat!!

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir menyebutkan bahwa pertemuan Forum Organisasi Perangkat Daerah atau OPD, untuk meningkatkan penyusunan rencana kerja pembangunan daerah sesuai dengan skala prioritas.

"Forum OPD ini penting untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah sesuai prioritas anggaran dan berdasarkan kebutuhan partisipasi masyarakat serta aspirasi pemangku kepentingan lain," kata sekda, Senin.

Dikatakan, Forum OPD Dumai membahas pemerataan dan kewilayahan Kota Dumai dan berorientasi pada upaya mendorong perkembangan sektor produksi wilayah seperti perkebunan, industri, perdagangan, pertambangan dan perikanan.

Pemerintah Dumai sampaikan apresiasi kepada semua pihak dan lembaga legislatif karena ikut mengawal dan mendengar langsung usulan masyarakat, baik di tingkat kelurahan hingga kecamatan untuk mengetahui persoalan dan kebutuhan ril.

Sementara, Kepala Bappeda Dumai Marjoko Santoso mengatakan, forum OPD merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan dimulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan.

Diadakan Forum OPD sesuai amanah perundangan berlaku tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan tentang pemerintah daerah, sebagai suatu proses penyusunan rencana kerja secara partisipatif dan bertahap.

"Pertemuan forum opd ini adalah wadah bersama pelaku pembangunan membahas prioritas kerja hasil musyawarah di kecamatan dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan usulan masyarakat," sebutnya.

Tujuan lain dari kegiatan ini juga untuk menselaraskan prioritas kegiatan pembangunan dari tujuh kecamatan di Kota Dumai dengan rencana kerja seluruh satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kota Dumai.

Dia berharap seluruh kepala organisasi perangkat daerah agar dalam pertemuan ini menjadikan sebagai wadah penyusunan rencana kerja tahun anggaran berikutnya dan untuk sasaran atau target akan dicapai.

Sekda Dumai Muhammad Nasir membuka pertemuan Forum OPD berlangsung di gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh Dumai, dihadiri Ketua DPRD Dumai Gusri Effendi dan Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Marjoko Santoso, Senin.