Terima Bantuan 14 Kolam, Poktan Dumai Kembangkan Usaha Ternak Lele

id terima bantuan, 14 kolam, poktan dumai, kembangkan usaha, ternak lele

Terima Bantuan 14 Kolam, Poktan Dumai Kembangkan Usaha Ternak Lele

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kelompok Tani Suka Bumi II di Kelurahan Lubuk Gaung Kota Dumai Riau memanfaatkan dana bantuan PT Sari Dumai Sejati, dengan membangun 14 kolam untuk anggota kelompok mengembangkan usaha ternak ikan lele.

Ketua Poktan Suka Bumi II Kecamatan Sungai Sembilan Masrul, di Dumai, Rabu, menyebutkan bantuan dana dari perusahaan ini sangat membantu kelompok budi daya dalam mengembangkan usaha ikan air tawar jenis lele.

"Kepeduliaan perusahaan dalam membantu modal untuk kelompok tani ini akan kita manfaatkan dengan baik, dan tahap awal dengan membangun 14 kolam ikan," katanya.

Dikatakan, Poktan Suka Bumi II kini beranggotakan sekitar 27 peternak ikan, dan tahap selanjutnya akan dibangun lagi 13 kolam agar kegiatan budidaya ikan semakin maksimal dan produksi memuaskan.

Peternak budidaya ikan di poktan ini, diakuinya, pernah meraih sejumlah prestasi atau penghargaan, baik tingkat daerah maupun nasional, selain itu rutin mengadakan arisan dan simpan pinjam bagi anggota.

"Dari kegiatan simpan pinjam in, kas anggota kelompok hingga sekarang sudah mencapai 40 juta rupiah," sebutnya.

Humas PT SDS Kamero Bangun mengatakan, bantuan diberikan perusahaan diharap dapat membawa manfaat besar dan tepat sasaran serta bisa digulirkan ke anggota lain belum menerima, tujuannya agar semua peternak mendapat penghasilan tambahan.

Perusahaan bergerak di bidang industri pengolahan minyak kelapa sawit ini juga merasa bangga dengan keberhasilan Poktan Suka Bumi II karena telah memiliki dana kas mencapai kurang lebih Rp40 juta dan tetap menjaga kebersamaan lewat kegiatan diadakan.

"Bantuan dana perusahaan ini untuk membantu kelompok tani dalam kegiatan budidaya ikan tawar yaitu ternak lele, dan kita berharap usaha peternak semakin maju dan bisa meningkatkan kesejahteraan," sebut Kamero.