Total Empat Kilometer Jalan Rohul-Duri Putus Terendam Banjir

id total empat, kilometer jalan, rohul-duri putus, terendam banjir

Total Empat Kilometer Jalan Rohul-Duri Putus Terendam Banjir

Pekanbaru (Antarariau.com) - Empat kilometer jalan lintas Kabupaten Rokan Hulu menuju Duri, Bengkalis, Provinsi Riau, putus total akibat terendam banjir.

"Kondisi jalan lintas menuju Duri tepatnya melalui Desa Sontang terputus total sepanjang empat kilometer," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, Aceng Hardiana di Pekanbaru, Rabu.

Aceng menuturkan, BPBD bersama kepolisian telah menyiapkan jalur alternatif bagi para pengendara menuju ke Duri melalui Jalan PU Simpang Kambing menuju Desa Pauh.

Banjir melanda tiga kecamatan dan tujuh desa di Rokan Hulu dalam beberapa hari terakhir. Ketiga kecamatan itu adalah Bonai Darussalam, Tambusai dan Rambah Hilir.

Ia mengatakan, banjir disebabkan meningkatnya debit air Sungai Batang Lubuh, Sungai Rokan dan Sungai Batang Sosa. Peningkatan debit air berkisar antara 30 sentimeter hingga satu meter.

"Sampai hari ini ketinggian air tetap dan belum ada indikasi akan berkurang, terutama di Kecamatan Bonai Darussalam dan Tambusai," jelasnya.

Bahkan, ia memperkirakan banjir di Desa Lubuk Soting, Kecamatan Bonai Darussalam diprediksi akan terus meningkat. Ia mengatakan saat ini BPBD Riau membutuhkan dukungan kendaraan dan logistik untuk membantu korban banjir.

"Sulit menjangkau sejumlah daeraj lokasi banjir, terutama di Bonai Darussalam. Keberadaan kendaraan operasional sangat dibutuhkan saat ini," ulasnya.

Berdasarkan data terakhir BPBD Rokan Hulu pada Rabu hari ini, sebanyak 5.432 jiwa terdampak banjir.

Di Kecamatan Bonai Darussalam tercatat sebanyak empat desa yang terendam banjir. Keempat desa itu adalah Teluk Sono, Kasang Mungkal, Sontang dan Kasang Padang.

Di Desa Teluk Sono tercatat sebanyak 257 jiwa terdampak banjir dengan tinggi permukaan air mencapa 1,2 meter. Kemudian di Desa Kasang Mungkal tercatat 688 jiwa terdampak banjir. Desa Kasang Padang tercatat 828 jiwa terdampak banjir.

"Sementara Desa Sontang merupakan desa terparah yang terdampak banjir dengan 3.036 jiwa terdampak banjir," tuturnya.

Kemudian, ia menjelaskan banjir yang terjadi di Kecamatan Tambusai terjadi di Desa Lubuk Soting dan Talikumain. Sebanyak 228 jiwa terdampak banjir di kedua desa tersebut.

"Terakhir banjir terjadi di Kecamatan Rambah Hilir tepatnya di Desa Rambah Hilir Timur. Sebanyak 195 jiwa terdampak banjir dengan ketinggian mencapai satu meter," jelasnya.