Ini Yang Dilakukan KPU Dumai Jelang Pilgub Riau

id ini yang dilakukan kpu dumai jelang pilgub riau

Ini Yang Dilakukan KPU Dumai Jelang Pilgub Riau

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Dumai mulai melakukan sejumlah tahap persiapan dalam rangka menghadapi proses pemilihan gubernur Riau dijadwalkan pada Juni tahun 2018.

Komisioner KPU Kota Dumai Siti Khadijah di Dumai, Kamis, mengatakan, persiapan dilakukan misalnya dengan evaluasi pelaksanaan pemilihan legislatif dan kepala daerah lalu, kemudian pendataan masalah.

"Pilgubri juni mendatang sudah mulai kita persiapkan, dan salah satunya dengan mendata masalah terjadi saat pelaksanaan pemilu beberapa waktu lalu," kata Siti kepada pers.

Dikatakan, upaya persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan sama dalam Pilgubri nanti dan agar lembaga penyelenggara pemilu tersebut bisa menekan terjadinya kelemahan atau kekurangan.

KPU juga telah melakukan pendataan wilayah Dumai di semua kecamatan dengan tingkat partisipasi pemilih rendah, agar dapat dilakukan sosialisasi lebih serius dan mencari tahu permasalahan disana.

Disamping itu, KPU Dumai juga terus intensifkan sosialisasi pemilihan umum kepala daerah Provinsi Riau ini ke sejumlah pemilih pemula di sekolah dan perguruan tinggi setempat.

"Sosialiasi pemilihan gubernur riau ini kita lakukan juga dengan memanfaatkan media sosial, seperti facebook dan website resmi kpu dumai, agar diketahui oleh masyarakat luas," sebutnya.

Melalui sosialisasi ini, KPU berharap pelaksanaan Pilgubri ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan hak pilih, terutama kepada calon pemilih pemula.

Siti Khadijah berharap tingkat partisipasi masyarakat Dumai saat pelaksanaan Pilgubri nanti meningkat dibanding sebelumnya, dan menurunkan angka pemilih golput karena menyadari pentingnya menggunakan hak suara.

Diketahui, partisipasi masyarakat pemilih saat Pilkada Dumai 2015 lalu tercatat sebesar 68,13 persen, sedangkan saat pemilu legisilatif, sedangkan pemilu legislatif mencapai 66 persen.