Tak Kunjung Dilaksanakan, DPRD Pertanyakan Penundaan Pembangunan Jembatan Siak IV

id tak kunjung, dilaksanakan dprd, pertanyakan penundaan, pembangunan jembatan, siak iv

Tak Kunjung Dilaksanakan, DPRD Pertanyakan Penundaan Pembangunan Jembatan Siak IV

Pekanbaru (Antarariau.com) - Anggota Komisi D DPRD Riau mempertanyakan alasan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat setempat belum memulai kelanjutan pembangunan Siak IV.

"Kita berharap kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait agar pembangunan Siak IV dapat direalisasikan, lakukan secepatnya. Kita pertanyakan ini kenapa ditunggu lagi?," kata Anggota Komisi D DPRD Riau Asri Auzar di Pekanbaru, Senin.

Dia menyayangkan proyek milik Dinas PUPR tersebut sengaja diperlambat, sebab tidak adalagi alasan untuk menunda pembangunan jembatan dengan sisa pengerjaan menelan ratusan anggaran miliaran itu. Apalagi telah disepakati dengan menggunakan sistem multi-years dimulai pada 2017 dan dilanjutkan pada 2018.

"Sebab dana telah kita setujui, sistemnya kan sudah jelas multiyears. Sekarang tinggal lagi mereka mau atau tidak untuk mengerjakannya," tegasnya.

"Ini kan pengerjaannya 18 bulan, jadi kalau dimulai pertengahan tahun kapan lagi itu akan dibangun," sambungnya.

Untuk itu, Pihaknya selaku mitra kerja Dinas PUPR yang membidangi infrastruktur akan memanggil OPD tersebut untuk mendengar sharing pendapat dan mempertanyakan seputar kendala yang terjadi.

"Pekan depan kita akan hearing dengan mereka. Bagaimanapun masyarakat telah menunggu jembatan ini untuk dimanfaatkan," urainya.

Untuk diketahui, proses penyerjaan Siak IV yang telah mangkrak selama empat tahun ini, masih dalam proses pelelangan dengan pihak kontraktor.

Wakil rakyat meminta Pemprov Riau agar segera menuntaskan kelanjutan proyek tersebut. Jembatan yang dibangun tepatnya di Jalan Sudirman Ujung yang menghubungkan dengan Rumbai Pesisir dipisahkan oleh Sungai Siak tentu bisa dimanfaat masyarakat untuk mengurai kemacetan.