Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemprov Riau Fokus Kembangkan UKM Dan UMKM

id tingkatkan kesejahteraan, masyarakat pemprov, riau fokus, kembangkan ukm, dan umkm

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemprov Riau Fokus Kembangkan UKM Dan UMKM

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau menyebutkan akan meningkatkan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah itu sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Perhatian terhadap UKM dan UMKM di masyarakat akan terus kita tingkatkan melalui kerjasama yang dilakukan dengan dunia usaha dan perbankan yang ada di Provinsi Riau," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Selasa.

Ia menyebutkan bahwa pengembangan sektor UKM dan UMKM yang ada di Provinsi Riau juga menjadi salah satu prioritas pemerintah setempat selain masalah infrastruktur, pendidikan maupun kesehatan.

"Berdasarkan laporan dari kabupaten/kota yang ada di Riau, jumlah UMKM pada 2016 lalu tercatat sebanyak 277.980 unit usaha yang terdiri dari usaha mikro sebanyak 186.818 unit, usaha kecil 87.449 unit, dan usaha menengah sebanyak 3.713 unit usaha," sebutnya.

Ke depan, lanjutnya, jumlah ini akan kembali ditinjau dan dilihat usaha apa saja yang masih berjalan dengan baik hingga saat ini.

"Usaha-usaha itu akan kembali kami cek lagi, namun melihat kondisi perbankan yang ada di Riau saat ini telah berhasil mengumpulkan banyak dana dari pihak ketiga maka kami mengupayakan agar dana itu tidak lagi dibawa keluar Riau," jelasnya.

Untuk mempertahankan dana itu tetap berputar di Provinsi Riau, katanya, maka harus ada penampung, dan penampung itu adalah UKM dan UMKM.

"Oleh sebab itu, UKM dan UMKM yang ada saat ini akan terus dikembangkan dan lebih diperkuat dengan potensi-potensi yang ada di Riau," ujarnya.

Ia mengatakan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM saat ini untuk bisa bersaing antara lain adalah faktor produksi, kualitas produk dan pemasaran.

"Untuk mengatasi hal itu, maka saya berharap dinas yang membidangi UMKM untuk terus melakukan pembinaan agar UMKM dapat tumbuh dan berkembang dengan kualitas yang memiliki daya saing," katanya.