Pemko Dumai Berikan Pembinaan Untuk 35 Koperasi Tak Aktif

id pemko dumai, berikan pembinaan, untuk 35, koperasi tak aktif

Pemko Dumai Berikan Pembinaan Untuk 35 Koperasi Tak Aktif

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Dumai Provinsi Riau memberikan pembinaan dan motivasi kepada pengurus dan anggota 35 koperasi tidak aktif agar dapat kembali aktif.

Kepala Bidang Koperasi Disperinkop UKM Dumai Koman Silalahi mengatakan upaya peningkatan motivasi 35 koperasi tidak aktif ini dengan cara pembinaan dan pelatihan.

"Langkah pembinaan ini agar pengurus dan anggota kembali mengembangkan koperasinya untuk kepentingan ekonomi bersama," katanya di Dumai, Selasa.

Pemerintah juga melakukan bimbingan untuk kemudahan dan perlindungan bagi koperasi supaya lebih berkembang dan membuka peluang usaha baru.

Masih adanya koperasi tidak aktif itu menurutnya karena kurang kesadaran dan komitmen pengurus dan anggota dalam pengelolaan secara baik dan profesional.

"Pemerintah sangat terbuka dan merespon keinginan masyarakat untuk mendirikan koperasi, karena itu kita selalu berikan pembinaan dan motivasi kepada mereka," sebutnya.

Disperinkop UKM Dumai mencatat 151 koperasi aktif saat ini yang sebagian besar bergerak di bidang umum yaitu usaha berkaitan langsung dengan kebutuhan atau kepentingan anggota.

Selain itu, pembidangan koperasi aktif di Dumai juga meliputi simpan pinjam, jasa dan usaha berhubungan dengan kebutuhan pokok, pelayanan mikro pembiayaan sesuai peran untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Di samping itu, terdapat juga koperasi berkontribusi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota, karena sejauh ini jumlah keanggotaan berkisar 20.700 anggota.

"Sedangkan untuk volume usaha koperasi saat ini berkisar Rp84 miliar dengan aset sekitar tiga miliar rupiah," ucapnya.