Wabup Meranti Minta Dishub Tetapkan Tarif Parkir Angkutan Air

id wabup meranti, minta dishub, tetapkan tarif, parkir angkutan air

Wabup Meranti Minta Dishub Tetapkan Tarif Parkir Angkutan Air

Selatpanjang (Antarariau.com) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim meminta Dinas Perhubungan setempat untuk mengawasi dan menetapkan pengaturan tarif angkutan laut khususnya penyeberangan Kempang (perahu motor tradisional).

"Tarif yang dikenakan kepada masyarakat jangan sampai memberatkan tetapi tidak pula merugikan pengusaha," kata Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim melalui surat elektroniknya di Meranti usai membuka kegiatan pelatihan pemantapan bidang perhubungan Kabupaten Kepulauan Meranti di Selatpanjang, Rabu.

Said Hasyim menyebutkan dinas teknis harus bisa mengendalikan tarif angkutan darat agar tidak menimbulkan biaya tinggi bagi aktivitas perekonomian setempat. Pada akhirnya menyebabkan inflasi.

"Tarif penyeberangan jangan pula mencekik masyarakat, tetapi pengusaha juga harus untung," tutur Said.

Said menyarankan Dishub dapat mengumpulkan pihak-pihak terkait untuk mendudukkan masalah tarif ini. Mulai dari pengusaha, tokoh masyarakat.

"Panggil semua pihak dudukkan berapa tarif yang wajar," ujarnya.

Wabup juga menghimbau, pengusaha angkutan laut harus memperhatikan juga masalah keselamatan penumpang dengan melengkapi alat-alat keselamatan sesuai standar atau aturan transportasi air.

Selain berbicara tarif Wabup juga menyinggung alasan lainnya yakni pengawasan parkir yang menjamur di titik keramaian Kota Selatpanjang.

Menurutnya parkir ini harus dikelola dengan baik demi ketertiban juga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak.

"Dinas Perhubungan harus melakukan kerjasama dengan pengelola," sarannya.

Ia menambahkan pengawasan yang ketat harus dilakukan untuk meminimalisir petugas parkir liar yang sering beroperasi di titik-titik keramaian Kota Selatpanjang.

Satu lagi pesan Wabup petugas Perhubungan jangan sampai terlibat narkoba, dan pungutan liar (Pungli).

"Jika ketahuan narkoba pecat bila perlu dengan tidak hormat, dan kepada petugas jangan lagi melakukan pungli di lapangan karena kita sudah komit memberantasnya," ucap Wabup mengingatkan.

Sekedar informasi, pada kesempatan itu Wabup Said Hasyim juga melakukan pengukuhan petugas parkir resmi yang ditandai dengan pemasangan baju rompi seragam.