Pemkab Bengkalis Harapkan BPJS Tingkatkan Sosialisasi Untuk Warga Kurang Mampu

id pemkab bengkalis, harapkan bpjs, tingkatkan sosialisasi, untuk warga, kurang mampu

Bengkalis (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau meminta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) agar meningkatkan sosialisasi kepengurusan BPJS kepada masyarakat kurang mampu di daerah ini.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat peduli terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, untuk itu diharapkan sosialisasi terus diberikan kepada masyarakat untuk kejelasan mengenai BPJS ini," kata Sekda Bengkalis Arianto di Bengkalis, Rabu.

Dia menyebutkan BPJS yang dibiayai oleh pemerintah daerah sejatinya bagi masyarakat yang tidak mampu, tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat mampu juga bisa menikmati jaminan kesehatan yang telah disediakan pemerintah.

"BPJS ini tidak dikhususkan kepada masyarakat yang tidak mampu saja, tetapi telah mencakup seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkalis, namun membantu masyarakat tidak mampu merupakan prioritas dari pemerintah," kata Arianto.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya BPJS gratis ini nantinya bisa mempermudah masyarakat dalam menikmati fasilitas yang diberikan pemerintah dalam pelayanan kesehatan.

Di bagian lain, Arianto juga berharap masyarakat Bengkalis yang memahami prosedur BPJS agar dapat menjadi penyambung informasi hak dan kewajiban kepada masyarakat lainnya di lingkungan Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, banyak masyarakat di kecamatan Bengkalis yang belum tau sepenuhnya tentang prosedur memperoleh pelayanan BPJS gratis yang dibiayai oleh pemerintah setempat bagi warga kurang mampu, terlebih lagi bagi mereka dari pelosok desa.

Disamping itu, masyarakat juga banyak yang belum mengetahui bahwa ibu hamil juga harus mendaftarkan calon bayi ke BPJS sebelum melakukan persalinan di rumah sakit di daerah itu.

"Kami tidak tahu tentang hal itu, karena itu kami terkejut bahwa ibu hamil harus mendaftarkan calon bayi ke BPJS sebelum melakukan persalinan," kata salah seorang warga Bengkalis, Fatimah di Bengkalis Rabu.