Bengkalis Klaim Realisasi Dana Desa 2016 Mencapai 99,9 Persen

id bengkalis klaim, realisasi dana, desa 2016, mencapai 999 persen

Bengkalis Klaim Realisasi Dana Desa 2016 Mencapai 99,9 Persen

Bengkalis (Antarariau.com)- Penggunaan Dana Desa pada 2016 di seluruh desa di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, keseluruhannya terealisasi 99,9 persen.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis, Ismail di Bengkalis, Kamis, menyebutkan, keseluruhan desa di daerah itu benar-benar sudah menggunakan dana desa yang bersumber dari pusat tersebut dengan baik sehingga segala pembangunan yang dilakukan dengan dana desa benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

"Diseluruh desa pada 2016 lalu semuanya sudah menggunakan dana desa dengan baik, 99,9 persen terealisasi semua, mereka bisa menggunakan anggaran itu untuk masyarakat, artinya dana itu sudah berhasil keseluruhannya, dan sisa dana desa uangnya hanya Rp 46 ribu yang tersisa tahun lalu," kata Ismail.

Dia mengatakan untuk dana desa pada tahun lalu berkisar antara Rp600 juta hingga Rp700 juta perdesanya sedangkan tahun ini semakin naik lagi.

"Untuk tahun 2017 ini dana desa dari pusat sebesar Rp 800 juta lebih naik dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Air Putih, Syamsudin menyebutkan, untuk kesejahteraan masyarakat di daerah itu, dana desa tersebut dikhususkan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan dan parit.

"Untuk dana desa yang bersumber dari pusat khusus kita peruntukkan ke infrastruktur seperti jalan, dan parit, sedangkan keperluan lainnya di desa semuanya dianggarkan dalam alokasi dana desa yang bersumber dari kabupaten yang dananya sekitar Rp1,7 miliar," kata Kepala Desa Air Putih, Syamsudin.

Dia mengatakan, dengan adanya dana desa yang berkisar Rp600 hingga Rp700 juta itu benar-benar telah membantu pembangunan di desa itu sehingga masyarakat tidak harus berlama lama untuk menikmati pembangunan infrastruktur seperti jalan bagus dan lainnya.

(ADV)