Diduga Pungli, Panitia Pemasangan Listrik Desa Bukit Krikil Digiring Kepolisian

id diduga pungli, panitia pemasangan, listrik desa, bukit krikil, digiring kepolisian

Diduga Pungli, Panitia Pemasangan Listrik Desa Bukit Krikil Digiring  Kepolisian

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Tim tindak Sapu Bersih Pungutan Liar dari Kepolisian Resor Bengkalis, Provinsi Riau mengamankan dua pegawai Panitia Desa Pemasangan Listrik Desa Bukit Krikil, Kecamatan Bukit Batu diduga melakukan "Mark Up" atau penggelembungan biaya.

"Pemeriksaan masih berlangsung terhadap Panitia di Kantor 125 Satuan Reserse Kriminal Polres Bengkalis," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Jumat.

Pada Kamis (16/3) pukul 13.00 WIB, Kepala Unit Penyelidikan III Sat Reskrim Polres Bengkalis bersama tiga personel menindaklanjuti laporan masyarakat. Laporannya bahwa biaya oemasangan tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral no. 8 tahun 2016.

"Sesampai di lokasi tim saber pungli Polres Bengkalis mendapati masyarakat sedang membayar angsuran biaya pemasangan listrik kepada panitia pelaksana," ungkap Guntur.

Petugas mengamankan diamankan uang tunai total Rp1 juta sebagai dari biaya pengangsuran pemasangan listrik total Rp3,5 juta. Selain itu juga diamankan dokumen daftar nama pemohon memasang listrik di Desa Bukit Krikil disaksikan dua orang pegawai penerima.

"Juga buku rekening BRI, daftar kwitansi pembayaran, cap panitia, dan laptop merk Samsung," tambah Guntur.

Masyarakat Desa Bukit Kerikil sudah lama mengeluh karena biaya pasang baru listrik yang dibuat oleh panitia desa sangat mahal diluar ketentuan yang berlaku yaitu Rp3,5 juta untuk 1300 KWH. Masyarakat juga semakin heran ketika ada biro di luar panitia Desa Bukit Kerikil bisa membuat pasang baru listrik hanya sebesar Rp2,8 juta.

Atas dasar itu masyarakat yang identitasnya dirahasiakan membuat laporan ke Tim Saber Pungli Senin (13/3) lalu. Terlebih lagi dalan Peraturan Menteri ESDM No 08 tahun 2016 itu daya tersambung 1.300 VA hanya dikenai Rp1.218.000 dan biaya SLO Rp 85.000, Ini sama jika mendaftar di situs internet PLN)