Kasrem 031/Wirabima Resmikan Diklatsarmil Menwa Indra Pahlawan Riau

Salo (Antarariau.com) - Kepala Staf Korem 031/Wirabima, Kolonel Czi Nyoman Parwata, secara resmi membuka Pendidikan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Indra Pahlawan Riau angkatan XXXIV sekaligus pembukaan Latihan Suskalak Angkatan XXII tahun 2017.

Dimana acara pembukaan Diklatsarmil Menwa IP Riau dan Suskalak tahun 2017 tersebut di pusatkan di Lapangan Upacara Batalyon Infanteri 132 Bima Sakti, Salo, Kamis pagi (16/3).

Pada acara pembukaan Diksar tersebut hadir asisten I Setda Kampar Ahmad Yuzar, Kepala Staf Kodim 0313 KPR Mayor Inf Harmen A Koto, Ketua Dewan Kehormatan DPRD Provinsi Riau DR Toufik Arahman, Komandan Batalyon Inf 132 Bima Sakti Salo Lekol Inf Nurul Yakin, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kampar Santoso, Puket III STIE Bangkinang Azhari,A.Sos, Para anggota Skomen Riau serta para anggota IARMI Riau.

Dalam amanatnya, Kasrem menegaskan bahwa Diksar militer ini bukan untuk menjadikan para mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi militer, tetapi membentuk agar para peserta memiliki jiwa solidaritas kesetian, kasatuan, jiwa bela negara yang tinggi.

Karena Menwa merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa baik secara akademik maupun maupun trampil dalam olah keprajuritan, sesuai dengan panca Dharma Setya Resimen Mahasiswa dengan tekat pendiriannya tetap mengaktualisasikan eksitensinya sebagai wadah kebangsaan dalam rangka bela negara.

"Dengan semikian, harapan kita hendaknya para siwa Diksar setelah selesai mengikuti latihan ini bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat selama dididik nantinya dikampus dan daerah tempat tinggal masing-masing," ujar Nyouman.

Sementara itu Komandan Resimen Mahasiswa Indra Pahlawan Riau, Indra Pomi N, ST, M.Si usai pembukaan Diksar menjelaskan, bahwa para siswa peserta Diksar tahun ini adalah berjumlah 102 orang. Dimana pelaksanaannya akan dilaksanakan lebih kurang selama dua minggu, mulai pada tanggal 16 sampai 29 Maret 2017 di Bataliong Infanteri 132 BS Salo.

Dimana dari jumlah 102 orang tersebut terdiri dari 13 orang dari UNRI, 22 orang dari UIN Suska Riau, 19 orang UIR, 11 orang UNILAK, 1 orang Polkam Kampar, 7 orang Universitas Islam Indra Giri, 2 orang STAI Air Molek, 2 orang IAI Dumai, 2 orang STT Dumai, 9 orang STAI Bengkalis, 10 orang STIA Lancang Kuning Dumai, 1 orang STIE Bangkinang dan 3 orang dari AKRI Dumai.

Sementara itu untuk tenaga pendukung dan pelatih Diksar ini berjumlah sebanyak 37 orang terdiri dari 17 orang Organik Yonif 132 BS, 20 orang dari Satuan Komando Resimen Mahasiswa Indra Pahlwan Riau. Pa berasal dari Kodim 0313 KPR, Danyon 132 Bima Sakti Salo dan para senior dari Skomenwa Riau dan Menwa aktif.

Sedangkan lanjut Indra, dalam Diksar ini materi yang akan disajikan meliputi Wawasan Kebangsaan, pembinaan organisasi menwa, pengantar wawasan bela negara, pengetahuan dasar militer, ketahanan dan ketangkasan Jasmani.

(ADV)

loading...