Angkasa Pura II

Berikan Kesadaran Keselamatan Berkendara, RSDC Gelar Sosialisasi Di Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Riau Safety Driving Centre (RSDC) dan pihak kepolisian Riau mensosialisasikan keselamatan berkendara saat Car Free Day di Jalan Diponegoro Pekanbaru.

"Kita menggandeng pihak polda Riau untuk mensosialisasikan serta memberi pelatihan keselamatan berkendara, karena masih banyak ditemukan pelanggaran oleh para pengendara," ujar Area Manager RSDC Sapto Eka Prabowo di Pekanbaru, Minggu.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa program ini juga disosialisasikan oleh pihaknya dengan cara mendata nama beserta alamat email pengunjung yang nantinya setiap pengunjung akan dikirimkan artikel tentang keselamatan berkendara, baik dari cara berkendara, aturan-aturan yang harus dipatuhi serta apa saja yang dilarang dalam berkendara.

Selain itu ia juga menyatakan bahwa menurut data Korlantas Mabes Polri, setiap tiga jam orang meninggal karena kecelakaan, dan 70 persennya melibatkan kendaraan roda dua.

Oleh karena itu, ia menyebutkan bahwa dengan adanya sosialisasi ini bisa membentuk seorang pengendara yang safety, beresiko rendah, serta bertanggung jawab.

RSDC yang juga tergabung dalam Indonesia Safety Driving Centre ini juga memberikan penjelasan mengenai e-tilang dan e-sim di both mereka, serta menyediakan simulasi kendaraan bermotor bagi yang ingin mencoba.

"Prinsip kami bukan mengajari orang yang tidak bisa naik motor jadi bisa, tapi mengajari orang yg bisa naik motor untuk mematuhi aturan, yang jelas I am safety, you are safety, safe for all," jelasnya lagi.

Ia juga menjelaskan bahwa ada empat poin utama yang menjadi fokus dalam keselamatan berkendara yaitu pemahaman tentang peraturan, teknik berkendara, keselamatan, serta pemeriksaan kendaraan secara berkala, hal ini menurutnya bisa meminimalkan resiko.

Ia juga berharap semoga dengan rutinnya sosialisasi keselamatan berkendara di setiap Car Free Day bisa membuat masyarakat sadar, dan memahami bahwa keselamatan berkendara sangatlah penting.

Oleh: Gebby Fadila Sari

loading...