Pupuk Rasa Nasionalisme, Kementerian Pertahanan Riau Gelar Olahraga Bersama

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kantor Kementerian Pertahanan Provinsi Kepulauan Riau memupuk rasa nasionalisme bela negara dengan mengadakan olahraga bersama saat Car Free Day di Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

"Ini merupakan salah satu bentuk pembinaan bela negara, jadi melalui olahraga kita tingkatkan rasa cinta tanah air," ujar Pejabat kantor pertahanan RI Provinsi Riau Kolonel Pasukan Eka Bagus Laksamana di Pekanbaru, Minggu.

Lebih lanjut ia juga menyatakan bahwa dengan badan yang sehat dan kuat melalui olahraha, maka otomatis meningkatkan kekuatan untuk membela negara sebab tanpa badan yang sehat bagaimana bisa membela tanah air.

Ia juga menjelaskan bahwa sebelumnya sudah diberikan pembekalan dan pembinaan kepada TNI, Polri, SKPD, Ormas, serta para Kader Bela Negara, dan olahraga saat ini merupakan salah satu bentuk untuk menjalin kebersamaan.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa bela negara merupakan program yang digagas oleh Kementerian Pertahanan dengan tujuan menanamkan rasa rela berkorban bagi bangsa dan negara.

"Tujuan utama pembinaan bela negara ini adalah untuk mengubah perilaku supaya seorang warga bangga dan cinta kepada bangsa dan negara," jelasnya.

Ia juga menyebutkan menyebutkan bahwa bela negara tidak bisa tumbuh dengan sendirinya, tapi perlu ditanamkan pada diri seseorang.

"Caranya dengan memulai pada diri sendiri, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan membela negara ini," jelasnya.
Oleh: Gebby Fadhila Sari