Angkasa Pura II

Pertamina Dumai Gelar Pertandingan Ketangkasan Penanganan Insiden Di Kilang Minyak

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Pertamina RU II Dumai pertandingkan sejumlah ketangkasan dalam penanganan insiden di kilang minyak Putri Tujuh dan pengetahuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja terkait bulan K3 tahun 2017, Minggu.

Ketua gerakan nasional (Gernas) K3 Pertamina RU II Dumai Rudi Hartono mengatakan, berbagai ketangkasan karyawan dalam penanganan insiden diuji agar dapat menerapkan budaya saling waspada saat bekerja dan menangani kondisi darurat.

"Antisipasi insiden di kilang minyak, digencarkan sosialisasi visi misi perusahaan, pelatihan dan komitmen karyawan untuk menghindari kecelakaan fatal di lingkungan kerja," kata Rudi usai kegiatan jalan sehat bulan K3 di lapangan sepakbola komplek perumahan Kelurahan Bukit Datuk Dumai.

Disebutkan, perlombaan bulan K3 diantaranya, pemadaman api dengan alat racun api dan karung goni, pemasangan perangkat pengamanan, cerdas cermat, lomba poster dan lainnya, ditambah simulasi penanganan situasi darurat di kilang minyak.

Selain perlombaan, perusahaan juga mengadakan seminar bertema aspek K3 dan bahaya HIV AIDS dan narkotika, pemeriksaan kelengkapan kendaraan, budaya bersepeda, jalan sehat diikuti pekerja dan mitra kerja.

"Semangat gerakan nasional ini bentuk komitmen kita untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan menghindari fatalitas serta menerapkan budang saling mengingatkan dalam bekerja," sebutnya.

Diakuinya di 2016 masih terjadi kecelakaan kerja ringan dan tidak bisa dihindari, namun dengan membangun komitmen bersama diharapkan 2017 ini pekerja dapat mencegah kecelakaan fatal dan kecil.

Sementara, Pejabat sementara GM Pertamina RU II Dumai Nur Qodim mengatakan, peringatan bulan K3 untuk mengingatkan semangat kewaspadaan bekerja dan menghindari kecelakaan di lingkungan kerja.

Diadakan berbagai kegiatan bulan K3 ini bentuk apresiasi perusahaan pada karyawan atas partisipasi dan sumbangsih mewujudkan visi misi dan komitmen nihil kecelakaan kerja, baik kecil atau fatal.

"Gerakan nasional ini bulan latihan bagi seluruh pekerja dan intervensi perusahaan agar membiasakan hidup sehat, dan menjaga keselamatan dan menghindari potensi kecelakaan dalam bekerja," sebut Nur.

Dalam kegiatan perlombaan bulan K3 Pertamina RU II, disediakan berbagai hadiah menarik untuk peserta terlibat, diantaranya 10 sepeda, televisi, kulkas dan mesin cuci serta lainnya. 

loading...