Gubri: IARMI Merupakan Media Untuk Perkuat Rasa Nasionalisme

id gubri iarmi, merupakan media, untuk perkuat, rasa nasionalisme

Gubri: IARMI Merupakan Media Untuk Perkuat Rasa Nasionalisme

Salo (Antarariau.com)- Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) adalah wadah bagi alumni resimen mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya secara akademik dan sebagai wadah kegiatan bela negara bagi menwa ataupun alumni menwa.

Pembinaan Organisasi IARMI merupakan Wujud Bela negara sebagai kewajiban dasar bagi setiap warga Negara yang penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban kepada negara dan bangsa.

Untuk itu diperlukan pembinaan karakter, penguatan revolusi mental dan mempersiapkan diri dalam menghadapi ancaman, seperti: penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, bencana alam, konflik antar masyarakat dan penyebaran penyakit menular.

Demikian Gubernur Riau yang diwakili Pj.Bupati Kampar Syahrial Abdi, AP, M.Si menyampaikan arahannya usai mengukuhkan pengurus dewan pimpinan Kabupaten/Kota Ikatan Alumni Mahasiswa Indonesia (IARMI) se Provinsi Riau di Lapangan upacara Yonif 132/BS Salo, Sabtu (18/3).

Ditambah lagi arus globalisasi dan modernisasi memberikan pengaruh yang besar terhadap identitas bangsa, bahkan dapat mengancam budaya bangsa sehingga Menwa dan IARMI sebagai kader terdidik harus mengambil peran aktif melalui Masyarakat bela negara.

Ancaman tersebut dapat ditangkal, apabila generasi muda mempunyai rasa nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air yang kuat untuk melindungi dan membela negara dengan wawasan intelektual yang dimiliki, kata Syahrial Abdi.

Selain itu untuk melawan kejahatan kemanusiaan ini dan sebagai bagian dari kecintaan kita pada Tanah Air, melalui IARMI Riau sebagai Insan Bela Negara Harus memiliki spektrum yang sangat luas di berbagai bidang kehidupan, mulai dari politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Kesadaran bela negara, hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela Negara. Kemudian lanjut Syahrial Abdi, atas nama pemda Provinsi dan Kabupaten dengan telah dikukuhkan IARMI diharapkan ke depan dapat menjadi pionir implementasi bela negara dan peningkatan kesadaran berbangsa dan bernegara serta kecintaan kepada tanah air indonesia.