Setiap Desa Di Bengkalis Akan Terima Bantuan Dana Rp800 Juta

Bengkalis (Antarariau.com)- Dana Desa yang bersumber dari pemerintah pusat untuk seluruh desa di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, naik dibandingkan tahun sebelumnya yaitu berkisar Rp 800 juta lebih per desanya.

"Untuk tahun ini, dana desa dari pusat untuk desa di Bengkalis ini naik jadi Rp800 juta lebih," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ismail dalam keterangannya di Bengkalis, Senin.

Dia mengatakan, pada tahun 2016 lalu, kucuran dana desa dari pusat untuk desa di daerah itu berkisar antara Rp 600 juta hingga Rp700 juta perdesanya, sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Kabupaten berjumlah Rp1,5 miliar perdesa.

"Untuk penggunaan dana desa, dari laporan yang diterima seluruh desa sudah menggunakan dana desa dengan baik dan benar, semuanya terealisasi 99.9 persen," kata dia.

Dia menjelaskan, Dana Desa yang bersumber dari pusat untuk seluruh desa yang berjumlah 136 desa se Kabupaten Bengkalis pada 2016 lalu itu sebesar Rp 96.6 miliar, dan dari jumlah tersebut dia mengatakan hanya bersisa sebesar Rp 40 ribu.

"Ini artinya penggunaan dana desa di pemerintah desa sudah dilakukan dengan baik dan benar, sehingga masyarakat desa benar-benar merasakan manfaatnya," kata dia lagi.

Sementara itu lanjutnya, untuk pengawasan dana desa yang mengalir dipemerintah desa itu diawasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan bekerjasama dengan Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Bengkalis.