Tinjau Pelayanan Publik Polresta Pekanbaru, Ini Pesan Menpan-RB pada Polisi

id tinjau pelayanan, publik polresta, pekanbaru ini, pesan menpan-rb, pada polisi

Tinjau Pelayanan Publik Polresta Pekanbaru, Ini Pesan Menpan-RB pada Polisi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur meninjau pelayanan publik di Kantor Markas Kepolisian Resor Kota Pekanbaru baik yang manual maupun aplikasi berbasis teknologi informasi.

"Penguasan teknologi wajib dalam inovasi pelayanan publik dan akan terus berkembang. Kalau kita tak ikuti otomatis ketinggalan," kata Menpan-RB didamping Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain dan Kapolres Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, Senin.

Dalam kesempatan itu dia meninjau ruang promoter atau pelayanan di Polresta Pekanbaru. Lalu Kapolres Pekanbaru memperkenalkan tiga layanan aplikasi berbasis tekonologi informasi untuk pengaduan masyarakat.

Aplikasi itu bernama Polisi Zapin Polresta Pekanbaru internal berisi fitur laporan kegiatan, video layanan kepolisian, lokasi kantor polisi terdekat dan laporan kejadian. Ini bertujuan untuk memudahkan personil dalam melaporkan kegiatan dan kejadian ke pimpinan dan seluruh personil.

Kedua aplikasi Polisi Zapin Polresta Pekanbaru untuk masyarakat berisi fitur laporan kejadian, pengaduan, kantor polisi terdekat, dan "panic button" atau tombol darurat. Dengan menekan tiga kali maka dalam waktu dua sampai menit polisi akan datang.

Menpan-RB mengapresiasi layanan tersebut dan mengatakan bahwa perubahan pada diri kepolisian harus datang bukan dari luar, tapi harus dari dalam. Oleh karena itu pihaknya mengimbau polisi untuk selalu meningkatkan kemampuan individu dan organisasi.

Dalam peningkatan kemampuan tentu harus melihat dunia yang sekarang ini sudah tidak lagi bekerja secara konvensional. Oleh karenanya setiap komponen harus mau mengikuti perubahan.

Dengan adanya perubahan itu, masyarakat sudah punya citra positif terhadap polri. Karena pelayanan tidak hanya diminta, tapi kapanpun polisi sudah bisa hadir. "Seperti dengan menekan tombol, polisi sudah tahu kejadiannya, lima menit sudah di Tempat Kejadian Perkara," ulasnya.

Lebih lanjut dia meminta kepada kapolda dan kapolres untuk memotivasi dan lakukan perubahan. Sebab, kata dia, perubahan harus didorong dari atas yakni dari komitmen pemimpinnya."Kalau komandannya ingin cepat berubah pasti berubah," imbuhnya.***2***