Siapakah Pencuri Tujuh Benda Pusaka Museum Riau??

id siapakah pencuri, tujuh benda, pusaka museum riau

Siapakah Pencuri Tujuh Benda Pusaka Museum Riau??

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru menyelidiki hilangnya sejumlah benda pusaka di Museum Sang Nila Utama milik Pemerintah Provinsi Riau yang baru diketahui pada Senin (21/3).

"Pelaku masih dalam penyelidikan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Selasa.

Baca Juga: Sudah Dua Kali Kehilangan, CCTv Museum Pekanbaru Akan Ditambah

Sebanyak tujuh dari 119 koleksi museum itu hilang berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Museum, yakni tiga bilah Keris Melayu, Pedang Melayu Sondang, Piring Seladon Emas, Kendi VOC, dan Kendi Janggut.

"Kerugian ditaksir sekitar Rp54.416.667," ungkap Guntur.

Hilangnya koleksi museum itu pertama kali diketahui oleh seorang petugas kebersihan museum, Ema.

Ia melaporkan kepada Betti Nara (51), pegawai negeri sipil yang bertugas di museum itu, bahwa sebilah keris Melayu yang diletakkan di lemari pajangan hilang.

Setelah dicek ulang ternyata ada tujuh koleksi milik museum yang terletak di Jalan Sudirman, Kecamatan Matpoyan Damai, itu yang hilang.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Ariyanto yang menyelidiki kasus ini juga menyatakan bahwa pelaku masih belum diketahui.

Baca Juga: Ternyata Keamanan Museum Sang Nila Utama Riau Meprihatinkan, Ini Buktinya

"Hilangnya baru diketahui kemarin oleh pihak museum. Jadi, untuk saksi baru dua orang yang diperiksa dari pihak museum," ujarnya.

Untuk mempercepat pengungkapan kasus itu, polisi juga mencermati rekaman kamera pengintai atau CCTV.

Baca Juga: Ini Tanggapan Pengunjung Museum Riau Soal Hilangnya Sejumlah Benda Pusaka