Siak Kembali Raih Anugerah Pangripta Nusantara

id siak kembali, raih anugerah, pangripta nusantara

Siak Kembali Raih Anugerah Pangripta Nusantara

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak kembali meraih penghargaan anugerah Pangripta Nusantara tingkat Provinsi Riau kategori penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2017, yang diserahkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan RKPD 2018, Selasa (22/3).

"Hari ini Siak untuk keempat kalinya secara bertutur-turut mendapat penghargaan Pangripta Nusantara, ini merupakan bagian dari upaya kita khususnya dari Bappeda Kabupaten Siak," ujar Wakil Bupati Siak Alfedri di Siak.

Dia menyebutkan, Siak berhasil memperoleh peringkat pertama, kemudian posisi kedua diraih Kabupaten Indragiri Hilir, lalu disusul Bengkalis. Sementara tingkat kota, kota Dumai diurutan pertama.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman kepada Wakil Bupati Siak Alfedri di Hotel Arya Duta Pekanbaru.

Ia berharap penghargaan ini menjadi motivas dan penyemangat bagi aparatur daerah kabupaten Siak, untuk terus berinovasi lebih baik lagi kedepannya.

Penghargaan yang diselenggarakan setiap setahun sekali ini diberikan saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Riau. Tujuannya mendorong setiap daerah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu.

Musrenbang itu dibuka oleh Menpan RB Asman Abnur, dan diikuti oleh seluruh kepala daerah se-Provinsi Riau. Hadir juga Dirjen otonomi daerah Kemendagri Sony Sumarsono, pejabat eselon I Kemenkeu, Kemen PU dan PR, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Bappenas.

Selain meraih penghargaan anugerah Pangripta Nusantara, kabupaten Siak juga mendapatkan kategori B dalam hasil evaluasi akuntabilitas kinerja tahun 2016 yang sekaligus memperoleh nilai terbaik di lingkungan pemerintah provinsi Riau dengan nilai 64,50 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Perolehan penilaian kategori B dalam hasil evaluasi akuntabilitas kinerja yang diperoleh kabupaten Siak sudah yang kedua kalinya, dimana tahun sebelumnya, nilai yang diperoleh masih 60,93.

"Untuk tahun 2017 ini kami akan mengusahakan 50 persen dari total OPD yang ada di lingkungan Kabupaten Siak ikut dinilai oleh Kemenpar RB. Jika sebelumnya baru empat OPD saja yang ikut penilaian ini," sebutnya.