Kuansing Bangga Pacu Jalur Masuk Kalender Pariwisata Nasional

id , kuansing bangga, pacu jalur, masuk kalender, pariwisata nasional

  Kuansing Bangga Pacu Jalur Masuk Kalender Pariwisata Nasional

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau merasa bangga dan memberikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah peduli, memberikan perhatian dan kepedulian festival pacu jalur hingga masuk ke dalam kalender nasional.

" Masyarakat merasa senang, seni budaya Kuansing dapat menjadi destinasi wisata andalan Riau," kata Bupati Kuantan Singingi Mursini di Teluk Kuantan, Kamis.

Bupati mengatakan, festival jalur tahun 2017 diyakini akan semakin optimal, namun berharap kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Kementerian Pariwisata dapat memprioritaskan peningkatan pembangunan infrastruktur penunjang pacu jalur sehingga event yang digelar tahun 2017 berjalan lebih optimal.

Semua pendukung festival seperti arena pacu, taman narosa dan jalur mendapat perhatian semua pihak, bahkan anggaran untuk itu dapat meningkat agar kegiatan berjalan sesuai harapan, sementara Kuansing selalu siap untuk sharing dalam berbagai bidang.

" Alhamdulillah, festival ini sudah diusulkan dalam Musrenbang provinsi," sebutnya.

Salah satu Dosen Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) IR Nariman Hadi MMA mengatakan, jika festival pacu jalur sebagai kebanggaan Kuansing selama ini sudah masuk kalender pariwisata nasional akan sangat berdampak positip bagi masyarakat, selain membantu ekonomi juga terbuka peluang usaha dadakan.

" Karenanya, masyarakat harus memberikan dukungan dan menciptakan suasana lebih baik saat event digelar," ujarnya.

Masyarakat dapat memberikan dukungan, pelayanan yang optimal saat festival dilaksanakan, karena perjuangan merintis masuknya festital jalur kedalam kalender nasional telah dan butuh perjuangan berat dan untuk itu dipertahankan.

" Festival tahun 2017 hendaknya juga melibatkan semua pihak termasuk mahasiswa dan Dosen," pintanya.

Pihak penyelenggara festifal pacu jalur tahun 2017 sebaiknya meingkatkan promosi, beberapa bulan sebelum acara digelar kegiatan itu lebih dioptimalkan ke sejumlah provinsi maupun negara lain di Asia Tenggara.

Pemerintah Kuantan Singingi sebaiknya membentuk tim khusus untuk kegiatan itu, agar promosi lebih maksmal dan sampai kepada publik melalui berbagai media nasional tentnya dengan menyiapkan anggaran APBD Kuansing. (Adv)