Dinas PU-Tarukim Siak Mulai Normalisasi Saluran Air

id dinas, pu-tarukim, siak mulai, normalisasi saluran air

 Dinas  PU-Tarukim Siak Mulai Normalisasi Saluran Air

Siak, (Antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU-Tarukim) Kabupaten Siak, Provinsi Riau mulai merealisasikan pekerjaan normalisasi saluran air di sejumlah parit dan kanal guna mengantisipasi banjir disaat musim hujan melalui kegiatan swakelola.

"Kegiatan normalisasi saluran air di Kabupaten Siak sudah dimulai sejak beberapa hari yang lalu, yang akan dikerjakan dibeberapa titik," kata Kepala Dinas PU-Tarukim Kabupaten Siak Irving Kahar Arifin di Siak, Kamis.

Dia mengatakan, sesuai rencananya pada 2017 ini, normalisasi parit/kanal, yang akan menjadi prioritas diantaranya Sungai Jernih yang terdapat di Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, mengingat kondisi sungai tersebut sudah sangat memprihatinkan, karena dipenuhi sampah-sampah kayu dan semak rerumputan.

"Selain normalisasi di Sungai Jernih yang terdapat diantara Kampung Benteng Hulu dengan Kepenghuluan Kampung Tengah, tepian jalan besar Kelurahan Kampung Rempak menuju Kampung Tumang juga akan dinormalisasi," ungkapnya.

Sedangkan untuk Kelurahan Kampung Rempak menuju Kampung Tumang akan dibersihkan sepanjang 40 kilometer (kanan-kiri).

Dia sebutkan, normalisasi tersebut untuk mengantisipasi permasalahan air yang meluap jika musim hujan telah tiba sehingga menggenangi rumah-rumah warga. Dimana pembersihan sepanjang parit/kanal itu menggunakan alat berat (excavator).

"Cuaca saat ini tidak menentu, kadang panas dan terkadang hujan, ditambah lagi di beberapa Kabupaten/Kota terjadi bencana banjir, jadi kita harus persiapkan, jangan saat banjir baru kita lakukan normalisasi, di samping itu salurannya juga sudah banyak dipenuhi endapan lumpur dan rerumputan, maka kita rapikan dan bersihkan," tutupnya.

Oleh : Nella Marni