Tim Aerobatik Jupiter Atraksi di Langit Pekanbaru

id tim aerobatik, jupiter atraksi, di langit pekanbaru

Tim Aerobatik Jupiter Atraksi di Langit Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Tim Aerobatik Jupiter atau Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU akan menggelar atraksi di langit Kota Pekanbaru, Provinsi Riau usai membawa nama Indonesia di Langkawi Internasional Maritime and Aerospace (LIMA) 2017, Malaysia.

"Atraksi akan digelar di Lanud Roesmin Nurjadin," kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Mayor Sus Rizwar di Pekanbaru, Kamis.

Rizwar mengatakan pertunjukan menarik tersebut akan dibuka untuk umum secara gratis pada Minggu (26/3) di Lanud Roesmin Nurjadin, tepatnya di shelter Skadron Udara 12.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar dapat menyaksikan manuver serta pamer keahlian yang dilakukan oleh pilot andal serta terlatih saat menerbangka enam unit pesawat KT-1B Wong Bee tersebut.

Terpisah, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Henri Alfiandi mengatakan bahwa mayoritas penerbang JAT merupakan alumni penerbang pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12.

Ia mengatakan bahwa atraksi yang akan melibatkan 12 pilot tersebut akan menjadi bagian dari reuni antara JAT dengan Lanud Roesmin Nurjadin.

Sebelumnya, JAT sempat menyapa langit Pekanbaru dalam rangkaian perjalanannya dari Pangkalan Udara Adisucipto Yogyakarta menuju Langkawi, Malaysia, Kamis lalu (16/3).

Atraksi berlangsung sekitar 10 menit, dimulai dari arah Lanud Roesmin Nurjadin menuju pusat pemerintahan sekitar Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru. Kemudian, atraksi berlanjut mengelilingi Kota Bertuah itu di sejumlah penjuru.

Sejumlah formasi menarik dipamerkan oleh penerbang profesional tersebut. Atraksi kemudian diakhiri dengan melakukan pendaratan di Lanud Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru.

Sebelum mengunjungi Kota Pekanbaru, JAT yang berangkat dari Adisucipto Yogyakarta, singgah di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemudian menuju Pangkalan Udara TNI Sri Mulyono Herlambang, Palembang.

JAT saat ini masih mengikuti LIMA 2017 yang akan berakhir pada Sabtu (25/3) mendatang.

Gelaran kedirgantaraan itu diikuti banyak negara seperti Rusia, Korea, Malaysia, dan sejumlah negara lainnya. Sementara JAT TNI AU akan berpartisipasi di dalamnya sebagai duta bangsa.