SMAN 1 Pekanbaru Sewa Generator Persiapkan UNBK

id sman, 1 pekanbaru, sewa generator, persiapkan unbk

 SMAN 1 Pekanbaru Sewa Generator Persiapkan UNBK

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pengelola SMAN 1 Kota Pekanbaru akan menyewa sebuah generator listrik ukuran besar milik PT PLN setempat untuk persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April mendatang.

"Dari bidang kurikulum sudah berkoordinasi ke PLN untuk penyewaan generator dan mereka sudah respon," kata Staf Wakil Kurikulum SMAN 1 Pekanbaru, Fitri Anita di Pekanbaru, Kamis.

Fitri Anita menjelaskan pihaknya trauma pada kejadian pelaksanaan UNBK tahun lalu dimana terjadi pemadaman akibat kerusakan travo milik SMAN 1 karena terbakar.

"Jadi Persiapan pelaksanaan UNBK tahun kedua kami antisipasi listrik meminta PLN untuk menyediakan generator mobile," terangnya.

Sebenarnya sebut dia pihak SMAN 1 memiliki genset akan tetapi ukuran daya kecil. Sementara untuk UNBK butuh arus besar.

"Ada genset kami tetapi tidak cukup untuk mengaliri tiga ruang laboratorium yang akan digunakan UNBK," tuturnya.

Menurut Fitri SMAN 1 miliki 309 siswa yang siap untuk mengikuti UNBK pada April mendatang.

Dengan jumlah tersebut pihaknya sudah mempersiapkan 105 komputer yang ditempatkan pada tiga ruang labor saat pelaksanaan UNBK.

"Kami seperti tahun lalu sudah bagi dalam dua tahap ujian pagi dan siang," sebutnya.

Namun demikian untuk mengantisipasi gangguan peralatan komputer nantinya, pihak sekolah juga sudah menyiagakan puluhan komputer jinjing.

"Tahun lalu sudah pakai komputer jinjing milik guru dan sekolah karena ada yang terbakar akibat listrik," sebut dia.

Fitri menambahkan selain persiapan generator, pihaknya juga melakukan pelatihan bagi para murid yang akan menjadi peserta UNBK dengan menggunakan komputer.

"Tujuannya supaya anak bersiap karena tidak semua mudah dilakukan tanpa latihan, walau ada anak saat ditanya ujian dalam jaringan menyukainya, tetapi sebenarnya perlu perhatian untuk soal tertentu," katanya lagi.

Selain itu sebutnya para siswa SMAN 1 juga sudah sering diikut sertakan "tray out daring", baik lewat sekolah maupun lembaga lainnya yang menawarkan secara gratis.

Di rumah anak-anak juga dibekali menyesuaian soal berbasis Daring, termasuk dinas sudah memberikan soal bentuk CD.

"Ujian semester dua seluruh kelas 12 juga sudah kami uji coba menggunakan komputer," katanya menambahkan.