Setengah Hekare Lahan Hutan Lindung Bukit Betabuh Terbakar!!

id setengah hekare, lahan hutan, lindung bukit, betabuh terbakar

Setengah Hekare Lahan Hutan Lindung Bukit Betabuh Terbakar!!

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sekitar setengah hektare lahan di Kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, terbakar.

"Waktu kejadian pada Rabu tanggal 22 Maret 2017 dari pukul 23.30 WIB sampai Kamis 23 Maret 2017 pukul 02.30 WIB," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Kamis.

Jenis lahan yang terbakar adalah tanah mineral perbukitan. Pemadaman dilakukan oleh masing-masing lima personel dari kepolisian, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Kabupaten setempat. Selain itu juga ada dari masyarakat sebanyak 15 orang.

Dari tim damkar, dikerahkan satu unit mobil pemadam. Meski begitu pemadaman cukup terkendala karena jarak tempuh menuju tempat kejadian sejauh satu kilometer sehingga mengandalkan panjangnya selang.

"Pengairan tidak ada, kendaraan tidak bisa ke lokasi dan hanya bisa melalui jalan kaki," ungkapnya.

Tapi saat ini, katanya, api sudah padam dan dilakukan pendinginan. Setelah dilakukan pengecekan kembali titik api tersebut sudah padam total.

Sementara itu Stasiun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru mencatat pada Kamis pagi tidak terdeteksi adanya titik api di Riau, tapi terdapat tiga di Pulau Sumatera. Salah satunya di Jambi yang letaknya berbatasan dengan Provinsi Riau.

Namun pada deteksi titik panas Kamis (23/3) pukul 17.00 sudah muncul empat titik panas di Riau. "Satu di Bengkalis dan tiga di Pelalawan," ujar Kepala Stasiun BMKG Pekanbaru, Sugarin.