Lima Hektare Gambut Dumai Terbakar Berhasil Diatasi

id , lima hektare, gambut dumai, terbakar berhasil diatasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Lima hektare lahan gambut di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Provinsi Riau yang sempat terbakar berhasil diatasi oleh tim gabungan.

"Alhamdulilah, kebakaran sepenuhnya berhasil dipadamkan," kata Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Kota Dumai, Jusman dihubungi Antara dari Pekanbaru, Jumat.

Jusman menuturkan upaya pemadaman di lahan gambut yang terbakar sejak Selasa (21/3) lalu dilakukan selama dua hari melibatkan TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta masyarakat setempat.

Ia menjelaskan upaya pemadaman tidak menemui hambatan berarti karena sumber air tersedia cukup banyak di sekitar lokasi titik api. Selain itu, akses menuju lokasi titik api juga dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat.

Menurut Jusman, lokasi tersebut merupakan salah satu lokasi yang kerap terbakar di Kota Dumai. Lahan berkontur gambut dengan vegetasi semak belukar serta dikeliling sawit diduga kuat sengaja dibakar untuk perluasan area perkebunan, katanya.

Ia menuturkan kebakaran yang terjadi di Kota Dumai ini merupakan yang pertama kali selama Maret 2017. Menurutnya, cuaca di Dumai saat ini sebenarnya cenderung mendung dengan intensitas hujan sedang.

"Kita selalu kucing-kucingan dengan pembakar lahan. Saat ada kesempatan mereka tidak sia-siakan untuk membakar lahan. Pemiliknya juga mayoritas di luar daerah bahkan ada yang di Sumatera Utara," tuturnya.

Untuk itu, meski titik api berhasil diatasi pihaknya akan terus memaksimalkan patroli rutin guna mencegah kejadian serupa.

Berdasarkan catatan Antara, kebakaran hutan dan lahan Riau mulai terpantau sejak medio Januari 2017 silam. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru saat itu mendeteksi titik api mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan yang tersebar di Rokan Hulu, Pelalawan, Dumai, Bengkalis, Meranti, Siak dan Kuantan Singingi.

Keberadaan titik api itu yang menjadi salah satu alasan Gubernur Riau segera menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, dua wilayah lainnya yakni Rokan Hulu dan Kota Dumai telah menetapkan status yang sama terlebih dahulu.