Warga GAS Gelar Syukuran Pembagunan Jalan, Ini Tanggapan Bupati Inhil

id warga gas, gelar syukuran, pembagunan jalan, ini tanggapan, bupati inhil

Warga GAS Gelar Syukuran Pembagunan Jalan, Ini Tanggapan Bupati Inhil

Teluk Pinang, Inhil (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau Muhammad Wardan mengapresiasi kegiatan syukuran dan istighosah yang digelar oleh masyarakat Desa Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) untuk realisasi pembangunan jalan oleh pemerintah daerah.

"Saya sangat bangga, kita dapat mensyukuri nikmat dengan memotong dua ekor sapi dan digelar di mesjid. Semoga keberkahan dari Allah SWT selalu terlimpah untuk masyarakat Kecamatan GAS," kata Bupati Inhil, Muhammad Wardan di Teluk Pinang, Jumat.

Wardan mengungkapkan, pembangunan jalan penghubung di Kabupaten Inhil dialokasikan melalui dana pusat dengan total anggaran sebesar Rp 190 Miliar lebih dengan proyek pekerjaan sebanyak delapan paket. Dari total keseluruhan anggaran, Rp 112 Miliar difokuskan pemkab Inhil untuk menyelesaikan pembangunan ruas jalan Sungai Luar-Sungai Piring-Teluk Pinang dengan proyek pekerjaan sebanyak empat paket.

"Dari empat paket pekerjaan tersebut, Masih terdapat sekitar dua kilometer lagi pembangunannya yang belum terlaksana. Namun, karena ini masih menjadi hutang saya, akan kembali saya anggarkan dalam APBD 2017 ini dengan anggaran Rp 10 Miliar, hal ini agar semua tuntas, mulus dan tidak ada lagi terdapat lubang pada ruas jalan tahun 2017," terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada tahun 2017 ini status jalan penghubung Sungai Luar-Sungai Piring-Teluk Pinang sebenarnya masih menjadi kewenangan Kabupaten, namun pada tahun 2018 mendatang ia kembali mengupayakan agar jalan tersebut dapat naik status menjadi jalan provinsi sehingga nantinya akan dapat meningkatkan mutu pembangunan sesuai kelasnya.

Pembangunan jalan untuk membuka keterisolasian banyak daerah di Inhil, memang merupakan program prioritas pemerintah di bawah kepemimpinanya bupati Muhammad Wardan. Untuk itulah, berbagai cara akan dilakukan untuk mencari dana agar seluruh isolasi dapat dibuka.

"Spirit baru Inhil menuju kabupaten yang maju, bermarwah dan bermartabat adalah visi saya. Untuk itulah apapun akan saya lakukan bagaimana visi itu dapat tercapai hingga masyarakat pun dapat merasakannya hingga menuju kesejahteraan," tuturnya.

Disamping itu, Camat Gaung Anak Serka (GAS), Ijmi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Wardan beserta rombongan pada kegiatan syukuran jalan dan istighosah tersebut.

"Alhamdulillah, pembangunan jalan yang dinanti-nantikan masyarakat selama belasan tahun ini sudah dapat dinikmati. Jadi, kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kami. Ini adalah mimpi masyarakat yang menjadi kenyataan berkat perjuangan bupati Muhammad Wardan yang luar biasa," ujarnya.

Ijmi menyampaikan, Syukuran masyarakat dengan menyembelih dua ekor sapi ini, merupakan swadaya masyarakat setempat. Bukan hanya karena mensyukuri nikmat jalan yang telah bagus, namun juga mensyukuri berbagai hasil pembangunan lainnya.

"Alhamdulillah selain jalan, listrik pun kini telah hidup lancar disini pak, ditambah lagi air dengan aliran air yang sangat jernih. Untuk semua itulah kami membuat syukuran ini yakni syukuran dari masyarakat dan untuk masyarakat," kata Ijmi.

(ADV)

Oleh: Adriah Akil