Targetkan Swasembada Beras, Pemkab Siak Cetak 58 Hektare Sawah Baru

id targetkan swasembada, beras pemkab, siak cetak, 58 hektare, sawah baru

Targetkan Swasembada Beras, Pemkab Siak Cetak 58 Hektare Sawah Baru

Siak (Antarariau.com) - Dinas Pertanian Kabupaten Siak merencanakan untuk mencetak sawah baru seluas 58 hektare pada 2017 guna meningkatkan produksi padi/beras di wilayah setempat dan mewujudkan swasembada pangan.

"Kami mengusulkan lahan percetakan sawah baru seluas 58 hektare di Kampung Buatan II, Kecamatan Kota Gasip," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Siak Rubiati di Siak, Jumat.

Menurutnya, Kampung Buatan, Kecamatan Koto Gasib, cocok untuk penambahan pencetakan sawah baru di Kabupaten Siak yang di usulkan dalam Musrenbang daerah setempat beberapa hari yang lalu.

Dia sebutkan pada dasarnya ada beberapa kampung yang mengusulkan untuk tempat pencetakan sawah baru ini, hanya saja daerah-daerah tersebut masih terkendala pada status lahan.

"Sejumlah kampung pada Musrenbang lalu mengusulkan pembangunan persawahan baru seperti di Kecamatan Sungai Mandau. Namun karena wayah yang di sungai Mandau itu merupakan lahan HTI perusahaan," jelasnya.

Robiati mengatakan untuk pembebasan lahan pinjam pakai milik perusahaan harus melalui berapa prosedur. Untuk bisa membangun sawah baru harus ada rekomendasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta izin tata ruang dari Dinas Tarcip.

"Kami tidak bisa langsung memakai atau mencetak sawah jika lahan milik perusahaan, ada prosedur yang harus diselesaikan dulu," ungkapnya.

Kendati demikian, jelas Rubiati lagi, berbeda halnya jika perusahaan yang bersangkutan membuka lahan untuk pertanian atau persawahan yang dikelola oleh warga, tidak perlu ada prosedur karena lahan milik mereka sendiri.

"Seperti di Kampung Bubuk Umbut yang lahan sawahnya dibuka oleh perusahaan," katanya.