78.485 Siswa SMA/SMK Sederajat Riau Siap Mengikuti UNBK

id 78485 siswa, smasmk sederajat, riau siap, mengikuti unbk

78.485 Siswa SMA/SMK Sederajat Riau Siap Mengikuti UNBK

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Provinsi Riau mencatat sebanyak 78.485 siswa SMA/SMK sederajat di wilayah setempat siap mengikuti Ujian Nasional (UN) akhir pada April 2017.

"Mereka sudah didaftar melalui sekolah masing-masing," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol di Pekanbaru, Jumat.

Kamsol mengemukakan sejauh ini kesiapan para siswa SMA/SMK sederajat ini sudah matang. Dimana proses akhir menjelang UN yakni Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) selesai dilangsungkan Kamis kemaren.

"Pelaksanaan USBN juga berlangsung lancar," ujarnya.

Kamsol merinci akan ada 952 sekolah SMA/SMK sederajat yang menyelenggarakan UN di kabupaten/kota se- Riau.

Mereka terdiri dari sekolah negeri dan swasta yakni SMA 414, SMK 262, MA 267 dan SMA Luar Biasa (LB) 9.

"Sesuai jadwal, UN tingkat SMK sederajat dilakukan tanggal 3-6 April. Sementara SMA/MA pada tanggal 10-13 April," tuturnya pula.

Diakui kamsol terhitung tahun ini semua pengelolaan sekolah jenjang SMA/ SMK sederajat serta SMALB beralih dari kabupaten/kota ke Provinsi Riau.

"Tidak lagi diurus oleh kabupaten/kota tetapi sudah kami di provinsi," ucapnya.

Karena itu segala sesuatunya tentang persiapan dan kelancaran pelaksanaan UN sudah dilaksanakan dan berjalan dengan matang.

Sebelumnya diberitakan SMKN I Pekanbaru siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Staf Wakil Kurikulum SMAN 1 Pekanbaru Fitri Anita menjelaskan sebanyak 309 siswa SMAN 1 sudah kelar USBN.

Walau ada dua anak yang tidak ikut ujian sejak hari pertama karena mengalami kemalangan keluarga terdekat meninggal, mereka bisa ikut susulan.

"Pelaksanaan lancar tidak ada kendala, ada 309 murid SMAN 1 ikut ujian sejak Senin," ujar Fitri Anita di Pekanbaru Selasa (21/3).

Lancarnya ujian sebut Fitri terlihat dari berita acara dan pengakuan pengawas serta siswa.

Walau ada sempat satu pertanyaan soal Geografi ditemukan meragukan siswa. Setelah dilihat guru mata pelajaran bisa diatasi.

"USBN sampai Kamis semoga semua siswa bisa mengikuti dan meraih nilai tertinggi," harapnya.

Tahun lalu siswa SMAN 1 lulus 100 persen, tahun ini pihak sekolah menargetkan hal yang sama.

Dijumpai antara salah satu peserta didik SMAN 1 kelas 12 IPA 4, Prawira Ditra mengakui bisa mengikuti dan menjawab semua soal yang diujikan sekolah.

"Pertanyaannya mudah-mudahan dapat dijawab semua, rata-rata soalnya sudah pernah dipelajari dan dibahas," katanya singkat.