Bila Kaki Anda Mengalami Kram? Berikut Cara Mudah Mengatasinya!

id bila, kaki anda, mengalami kram, berikut, cara mudah mengatasinya

 Bila Kaki Anda Mengalami Kram?  Berikut Cara Mudah Mengatasinya!

Jakarta, (Antarariau.com) - Para Sobat Antara pasti pernah dong ya mengalami yang namanya kram pada bagian kaki. Kram tersebut sering timbul tanpa mengenal waktu dan tempat, seperti saat sedang berolahraga, berjalan kaki hingga pada saat kita sedang tidur santai di atas kasur sekalipun.

Kram pada bagian kaki terjadi akibat menegangnya otot dengan kuat secara tiba-tiba. Peristiwa tersebut bisa terjadi dalam hitungan detik hingga menit. Kram bisa timbul karena berbagai faktor, antara lain karena cedera, dehidrasi, kurangnya suplai darah dan juga kekurangan mineral. Jika kamu suat saat mengalami kram kaki, janganlah langsung merasa panik. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kram pada kaki. Disimak yuk.

1. Lakukan peregangan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kram kaki adalah dengan melakukan peregangan ringan. Lemaskan otot dengan cara dipijat dan digerakkan secara perlahan. Lakukan hal tersebut hingga otot terasa lemas dan rileks

2. Dorong telapak kaki ke arah tubuh

Kamu juga bisa mengatasi kram pada kaki dengan mendorong telapak kaki ke arah tubuh. Untuk melakukan cara ini, kamu harus dibantu setidaknya oleh satu orang. Dorong terus telapak kaki ke arah tubuh hingga otot betis dan oror paha belakang terasa. Cara ini bisa dengan cepat mengatasi kram.

3. Kompres dengan air panas

Kompres dengan air panas juga bisa membantu meredakn kram pada kaki. Hal tersebut bisa memberi efek rileks dan nyaman pada kaki yang kram sehingga proses pemulihannya bisa lebih cepat.

4. Banyak minum air putih

Salah satu penyebab kram adalah dehidrasi. Oleh karena itu kamu harus banyak mengonsumsi air putih atau minuman elektrolit. Banyak mengonsumsi air putih akan mencegahmu untuk mengalami kram berikutnya.

5. Gunakan obat pereda nyeri otot

Obat-obatan pereda nyeri otot juga bisa dikonsumsi untuk meredakan kram. Menggunakan gel atau minyak oles khusus pereda nyeri juga bisa dijadikan alternatif untuk menyembuhkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh kram.