DPRD: Bayarkan Bantuan Transportasi Calon Haji Pekanbaru

id dprd bayarkan, bantuan transportasi, calon haji pekanbaru

DPRD: Bayarkan Bantuan Transportasi Calon Haji Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota DPRD Kota Pekanbaru meminta pemerintah setempat membayarkan bantuan biaya transportasi calon jamaah haji dari wilayah itu, menuju embarkasi Batam tepat waktu agar tidak mengganggu pada proses keberangkatan.

"Pemko sudah komit mensubsidi Rp600.000 per calon jamaah haji," kata anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Zulkarnain di Pekanbaru, Senin.

Zulkarnain mengemukakan Pemerintah Kota Pekanbaru tahun ini sudah memasukkan anggaran subsidi transportasi haji dari wilayah asal ke embarkasi Hang Nadim Batam di dalam APBD.

Tujuannya membantu meringankan biaya keberangkatan dari wilayah setempat menuju embarkasi Batam.

"Ongkos pulang pergi Pekanbaru menuju embarkasi Batam satu jamaah dikenai Rp3,2 juta, untuk meringankan maka dibantu Pemko," ujarnya.

Menurut Zulkarnain dua tahun terakhir memang Pemko setempat sudah memberikan bantuan dana bagi meringankan angkos menuju embarkasi. Namun masih secara hibah dan pribadi pejabat.

Setelah Peraturan Daerah (Perda) haji Pekanbaru disahkan, sambung dia biaya subsidi transportasi menuju wilayah embarkasi dituangkan dalam APBD 2017.

"Ini pembayaran perdana makanya kami minta tepat waktu, jangan nanti dilakukan mepet agar tidak mengganggu proses keberangkatan," tuturnya.

Selain subsidi transportasi ke embarkasi, bantuan lainnya dari Pemko sambung dia lagi yakni biaya acara pelepasan bagi calon jamaah haji secara bersama di satu titik kumpul.

"Untuk tahun ini kita sudah menganggarkan sesuai Perda yang disahkan. Begitu juga biaya seremoni pelepasan tidak ada dibebankan kepada jamaah lagi," tegasnya.

Menurut Politisi PPP ini Pemko sudah menuangkan biaya sebesar Rp1,7 miliar pada APBD 2017.

"Pemko 2017 sudah anggarkan Rp1,7 miliar dana bantuan transportasi calon jamaah haji," tambahnya.

Biara tersebut setelah dipotong bantuan transportasi, sisanya untuk biaya oprasional jamaah haji mulai pengantaran dari Masjid Agung An Nur menuju Bandar Udara Sultan Syarif Kasim Dua (SSK) II dan penjemputan jamaah dari Hang Nadim Batam.