Riau Anggarkan Terowongan Bawah Tanah Rp219 Miliar

id riau anggarkan, terowongan bawah, tanah rp219 miliar

Riau Anggarkan Terowongan Bawah Tanah Rp219 Miliar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau menyebutkan dana sekitar Rp219 miliar telah dianggarkan untuk pembangunan terowongan bawah tanah atau "underpass" di perempatan Jalan Tuanku Tambussai-Arengka di Kota Pekanbaru.

"Pengerjaannya tergantung DED (Detail Engineering Design). Kalau selesai tahun ini, 2018 kita sudah bisa mulai," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau Rahmad Rahim di Pekanbaru, Senin.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa dana tersebut sengaja dipersiapkan menjelang DED "underpass" yang direncanakan selesai pada tahun 2017.

Ia menambahkan, bahwa untuk desain nantinya akan diurus oleh pihak PUPR, dan desain underpass rencananya akan mengacu pada underpass di Pondok Indah Mall Jakarta.

"Kita sudah minta Plt Kadis PUPR untuk kesana, konstruksinya lebih bagus. Hanya satu jalur," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau berencana membangun jalan layang (fly over) Pasar Pagi Arengka, dan underpass di Perempatan Mall SKA guna mengatasi kemacetan.

Underpass rencananya akan dibangun untuk mengurangi kemacetan di Pekanbaru, sebelumnya pemerintah merancang fly over di perempatan ini namun batal, dan diganti underpass dengan alasan estetika bangunan.

Oleh : Gebby Fadhila Sari