Tertibkan Pasar Kaget, Ini Permintaan DPRD Pekanbaru Ke Pemko Setempat

id tertibkan pasar, kaget ini, permintaan dprd, pekanbaru ke, pemko setempat

Tertibkan Pasar Kaget, Ini Permintaan DPRD Pekanbaru Ke Pemko Setempat

Pekanbaru (Antarariau.com) - Anggota DPRD Kota Pekanbaru meminta pemerintah setempat berkomitmen membangun pasar tradisional di setiap kecamatan guna menertibkan pedagang di pasar kaget yang kini menjamur.

"Saat ini yang perlu dipikirkan Pemko bagaimana menyediakan lahan yang tepat untuk bisa dipergunakan sebagai lokasi pembangunan pasar di setiap kecamatan yang ada," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono di Pekanbaru, Rabu.

Sigit Yuwono mengemukakan saat ini Pasar jongkok atau kaget mulai menjamur dihampir di setiap gang Pekanbaru. Ini menimbulkan masalah baru. Kemacetan, sampah, ketidak teraturan dan parkir sembarangan dan sebagainya.

Untuk itu Sigit mengingatkan Pemko agar komit dengan rencananya semula untuk membangun pasar kecamatan.

Karena sebutnya pasar tradisional disetiap kecamatan akan bisa menampung para pedagang yang berada dipasar kaget dan pasar jongkok.

"Sehingga mereka nantinya bisa berjualan ditempat yang telah disediakan pemerintah, dan pasar dapat dikelola dengan baik begitu juga pedagang dapat ditata sebaik mungkin," ucap Sigit Yuwono.

Sigit juga mengingatkan sebelum membangun pasar ada hal yang perlu diperhatikan Pemko yakni lokasi yang akan jadi peruntukan.

Pemko Pekanbaru perlu mempersiapkan terlebih dahulu lahan-lahan yang akan dijadikan pasar tradisional di setiap kecamatan agar para pedagang yang berjualan di pasar kaget atau jongkok dapat ditata dengan baik.

Sigit juga menilai jika nantinya di setiap kecamatan memiliki pasar resmi maka pengelolaan dan penataan pasar hingga restribusi yang didapat oleh Pemko Pekanbaru mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Apalagi keberadaan pasar kaget dan jongkok tersebut kita tidak bisa melarang karena masyarakat menginginkan pasar yang terdekat," tambahnya.

Ditambahkan Politisi Demokrat ini pasar tradisional yang akan dibangun disetiap kecamatan refresentatif dan berfungsi jangka panjang agar tidak menimbulkan dampak akibat pembangunan pasar nantinya.

"Saran kita keberadaan pasar nantinya tidak menimbulkan kemacetan, dan masalah lainnya," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan Pemko Pekanbaru sudah merencanakan pembangunan pasar tradisional di tiap kecamatan 2016. Para camat dimintakan untuk mencari dan menyediakan lahan menjadi lokasi.

Namun hingga kini baru dua kecamatan yang mampu merealisasikannya yakni Payung Sekaki dan Rumbai.