Tingkatkan Keimanan Masyarakat, Bupati Inhil: Ayo Sholat Subuh Berjamaah

id tingkatkan keimanan, masyarakat bupati, inhil ayo, sholat subuh berjamaah

Tingkatkan Keimanan Masyarakat, Bupati Inhil: Ayo Sholat Subuh Berjamaah

Tembilahan (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau Muhammad Wardan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memakmurkan mesjid melalui "gerakan sholat subuh berjamaah".

Bupati Muhammad Wardan bersama programnya yakni gerakan sholat subuh berjamaah bermaksud mengajak masyarakat untuk melaksanakan ibadah sholat lima waktu di setiap Mesjid-mesjid terdekat.

"Mari bersama kita makmurkan mesjid dengan melaksanakan shalat di mesjid dan mengikuti pengajian. Untuk menjalankan program ini, pemerintah sangat membutuhkan dukungan dari segenap masyarakat Inhil," ajak Wardan saat menghadiri pengajian akbar yang turut dihadiri tamu undangan dari Malaysia, Ustadz Hafiz Lubis LC. pimpinan pondok pesantren Yasin Banjar Baru Kalsel, KH Ahmad Fahmi Zamzam, MA, anggota DPRD Inhil, H Adriyanto, serta alim ulama dan masyarakat setempat.

Wardan mengatakan, dalam upaya menanamkan nilai-nilai keagamaan di Kabupaten Inhil, Pemerintah setempat telah merumuskan beberapa program yang kemudian diterapkan bersama-sama hingga ke tingkat desa.

"Gerakan sholat subuh bersama juga sudah dihimbau ke tingkat desa melalui surat edaran ke seluruh Kecamatan. Begitu pula terhadap para pejabat di lingkungan Pemkab," tuturnya.

Selain gerakan sholat subuh berjamaah, upaya penanaman nilai-nilai keagamaan juga dilakukan melalui pelaksanaan gerakan maghrib mengaji, yang saat ini telah menyentuh hingga ke tingkat Desa di Kabupaten Inhil.

"Berdasarkan hasil evaluasi, pelaksanaan program gerakan maghrib mengaji di Inhil sudah baik hingga ke seluruh mesjid yang ada di desa-desa," ungkapnya.

Lebih lanjut Wardan menyampaikan, hal yang melatar belakangi pelaksanaan program dengan sejumlah gerakan keagamaan adalah adanya keprihatinan melihat sejumlah mesjid yang seakan tak berpenghuni ketika memasuki waktu sholat.

Pada kesempatan ini, tk lupa pula Wardan mengajak kepada masyarakat untuk bersungguh-sungguh mengikuti pengajian agar dapat memberikan berkah, rahmat dan manfaat.

"Mari kita ikuti pengajian dengan sungguh-sungguh. Semoga dapat dipahami, dapat dimengerti bahkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya. (ADV)

Oleh: Adriah Akil