Pertandingan MTQ Siak Miliki Kategori Lansia

id pertandingan mtq, siak miliki, kategori lansia

Pertandingan MTQ Siak Miliki Kategori Lansia

Siak (Antarariau.com) - Wakil Bupati Siak Alfedri mengapresiasi kepesertaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang dilaksanakan di Kampung Tualang merambah hingga ke tingkat Lanjut Usia guna mengukur sejauh mana tingkat kemampuan mereka dalam membaca Alquran.

"Kita sangat mengapresiasi pelaksanaan MTQ ke-XV tingkat Kampung Tualang meningkat setiap tahunnya, seperti adanya peserta Lansia tilawah. Ini merupakan terobosan baru pada perhelatan MTQ tahun ini," ujar Wakil Bupati Siak Alfedri di Siak, Rabu.

Dia mengatakan, peserta yang ikut kategori Lansia dari usia 50 tahun ke atas. Sebab MTQ ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para orangtua dalam membaca Alquran.

Karena kita berharap kepada orangtua agar mereka bisa membaca Al-quran sebelum anak-anak mereka juga bisa. Jadi orangtuanya harus bisa membaca Al-Quran terlebih dahulu, ungkapnya lagi.

Dia berharap, dengan pelaksanaan MTQ tingkat kampung ini dapat melahirkan para qori dan qoriah terbaik untuk bersaing ditingkat kecamatan, kabupaten Siak maupun provinsi Riau.

"Semoga pelaksanaan MTQ tidak hanya sebagai perlombaan saja, melainkan untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyiarkan agama islam," sebutnya.

Sementara itu, Penghulu Tualang Jufrianto berharap kepada pemenang sebagai qori dan qoriah terpilih untuk terus giat berlatih agar pada MTQ tingkat kecamatan nanti dapat bertanding dengan maksimal.

"Kita berharap dengan MTQ ini dapat mencetak duta-duta qori dan qoriah terbaik guna mengikuti ajang pada MTQ tingkat kecamatan Tualang, sehingga diharapkan nantinya dapat bersaing dengan kafilah-kafilah dari kampung lain se kecamatan Tualang," ucap dia.

Pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama tiga hari tersebut, ditutup dengan pemukulan kompang oleh Wakil Bupati Siak Alfedri, Penghulu Tualang Jufrianto, Camat Tualang Zalik Effendi, anggota DPRD Riau Sumiyanti, dan anggota DPRD Siak Gustimar.

Sementara TPA An-nur Rukun Kampung 05 terpilih menjadi juara umum pada MTQ ke-XV tingkat Kampung Tualang tersebut.