FIFA Akan Tambah Peserta Piala Dunia Jadi 48 Tim

id fifa akan, tambah peserta, piala dunia, jadi 48 tim

FIFA Akan Tambah Peserta Piala Dunia Jadi 48 Tim

Zurich, (Antarariau.com) - FIFA mengumumkan rencana mereka untuk menambah slot peserta Piala Dunia menjadi 48 tim pada Kamis, termasuk tempat otomatis untuk Oseania, 16 posisi untuk Eropa -- naik dari 13 tim -- dan turnamen playoff antar zona berisi enam tim untuk dua spot tersisa.

Proposal-proposal akan diajukan kepada Dewan FIFA pada pertemuan penuh selanjutnya di Bahrain pada Mei untuk keputusan final, kata FIFA.

Di bawah proposal itu, yang dibuat oleh biro FIFA, untuk diperbesarnya skala turnamen pada 2026, Eropa akan mendapatkan 16 tiket langsung, Afrika sembilan (tim), Asia delapan (tim), Amerika Selatan enam (tim), CONCACAF enam (tim), dan Oseania satu (tim), total 46 tim.

Negara tuan rumah akan lolos otomatis dan slotnya akan diambil dari alokasi konfederasinya.

Bagian paling inovatif dari proposal ini, dua posisi tersisa akan ditentukan melalui turnamen playoff enam tim yang akan diambil dari tuan rumah Piala Dunia, kemungkinan pada November sebelum final, kata FIFA.

Turnamen itu akan memasukkan satu tim dari tiap konfederasi, kecuali UEFA, dan satu slot tambahan dari benua tuan rumah.

FIFA memutuskan pada Januari untuk menambah jumlah peserta turnamen dari 32 tim menjadi 48 tim.

Alokasi saat ini adalah 13 posisi untuk Eropa, lima untuk Afrika, empat untuk Asia dan Amerika Selatan, dan tiga untuk CONCACAF. Asia, Amerika Selatan, CONCACAF, dan Oseania juga mendapatkan tempat pada dua pertandingan playoff antar zona.

Proposal itu memperlihatkan betapa sepak bola telah berkembang di seluruh dunia selama 40 tahun terakhir.

Pada 1978, ketika Piala Dunia hanya diikuti 16 tim, Afrika dan CONCACAF hanya mendapatkan satu tempat sedangkan Asia dan Oseania berbagi satu tempat di antara mereka.

Menurut daftar peringkat dunia FIFA, sembilan teratas di Afrika saat ini mencakup Burkina Faso, yang belum pernah bermain di Piala Dunia, dan Republik Demokratik Kongo, yang pernah ambil bagian saat masih bernama Zaire pada 1974.

Enam tim teratas CONCACAF termasuk Panama dan Haiti, sedangkan St Kitts and Nevis berada di peringkat ketujuh.

Delapan tim teratas Asia termasuk Uzbekistan dan Qatar, sedangkan China di peringkat kesembilan dan Suriah di peringkat kesepuluh.