Perbaiki Jalan Rusak, TNI Dan Warga Langgam Gelar Gotong Royong

id perbaiki jalan rusak tni dan warga langgam gelar gotong royong

Perbaiki Jalan Rusak, TNI Dan Warga Langgam Gelar Gotong Royong

Pangkalan Kerinci (Antarariau.com) - TNI yang tergabung dengan Koramil 09/Langgam, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau bahu-membahu bersama warga setempat memperbaiki jalan rusak yang menjadi akses lalu lintas di wilayah itu.

"Jalan yang rusak di Dusun Tasik Indah Desa Segati Kecamatan Langgam, Pelalawan masih terbuat dari tanah," kata Babinsa Koramil 09/Langgam Desa Segati Sertu Sutrisno melalui surat elektroniknya di Kerinci, Jumat.

Sertu Sutrisno mengemukakan curah hujan yang tinggi belakangan ini membuat jalan yang tiap hari jadi akses masyarakat mengalami kerusakan parah.

Maka perlu dilakukan penimbunan karena kondisi jalan yang rusak ini masih terbuat dari tanah, tidak diaspal.

"Jalan ini baru ditimbun dengan material pasir batu saja," tuturnya.

Untuk itu dengan swadaya dan upaya seadanya sebut dia lagi pihaknya bersama warga melaksanakan gotong royong menimbun jalan berlobang termasuk anggota security RAPP.

Penimbunan jalan tersebut bertujuan untuk melancarkan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat masyarakat yang melintas, menuju maupun keluar perkampungan itu.

"Seperti kita ketahui jalan ini merupakan akses bagi warga dalam melaksanakan aktivitas ke kebun maupun mengangkut hasil panen. Untuk itu, sejak kemarin kami berupaya memperbaikinya bersama masyarakat setempat, meskipun belum maksimal, setidaknya bisa digunakan dengan lancar," tuturnya lagi.

Dikatakannya lagi Babinsa memiliki tugas pokok yang salah satunya adalah melakukan upaya untuk melaksanakan kegiatan dan kerja sama yang baik dan harmonis dengan aparat Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan para sesepuh yang ada di Desa.

Salah satunya dengan bergotong-royong bersama masyarakat agar tercipta hubungan yang harmonis antara TNI dengan masyarakat sehingga setiap ada permasalahan yang muncul bisa cepat diselesaikan dan akan tercipta kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

"Gotong-royong juga dapat memupuk persatuan dan kesatuan antar manusia. Bagaimanapun juga tidak bisa mengerjakan segala sesuatunya sendirian. Mereka memerlukan orang lain untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Adanya kerja sama yang baik antara manusia satu dengan manusia lainnya akan terjadi kerukunan hidup," tambahnya.

Jalan desa tersebut selalu rusak setiap musim hujan, karena belum ada pengerasan sama sekali, masyarakat setempat juga berharap kepada Pemda agar jalan yang ada segera dilakukan peningkatan pengerasan/diaspal agar segala aktivitas bisa berjalan dengan lancar.

Dengan adanya perbaikan jalan ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan warga saat beraktivitasnya sehari-hari dan mendistribusikan hasil buminya.