Pemkab Inhil Targetkan Pembangunan Jalan Nasional Rampung Akhir 2017

id pemkab inhil, targetkan pembangunan, jalan nasional, rampung akhir 2017

Pemkab Inhil Targetkan Pembangunan Jalan Nasional Rampung Akhir 2017

Tembilahan (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera mewujudkan pembangunan ruas jalan nasional yakni ruas Jalan Kota Tembilahan-Tempuling dengan panjang 21,49 Kilometer (km).

"Detailnya, pembangunan ruas jalan tersebut terdiri dari pemeliharaan rutin diperkirakan sepanjang 14,49 Km, pemeliharaan rutin kondisi jalan sepanjang 5 Km dan peningkatan struktur jalan atau rekonstruksi yang diperkirakan sepanjang 2 Km," ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Inhil, Yusnaldi di Tembilahan, Selasa.

Saat ini, kata Yusnaldi, progres pembangunan jalan tersebur telah memasuki wilayah Kecamatan Tembilahan Hulu dengan pekerjaan penimbunan untuk perbaikan struktur dasar tanah.

"Sekarang masih dalam proses pengerjaan. Ditargetkan, pekerjaan akan selesai akhir tahun 2017," ujarnya.

Yusnaldi merincikan, dalam perencanaannya, ruas jalan Nasional Tembilahan-Tempuling yang terletak di Parit 6 hingga Parit 7 Kecamatan Tembilahan Hulu ini akan dibangun rigid sepanjang sekitar 900 meter, diikuti dengan ruas jalan Telaga Biru kota Tembilahan mulai dari parit 9 hingga ke parit 11 dengan panjang 1,1 Km.

Begitu pula terhadap sisa ruas Jalan Telaga Biru yang belum diperbaiki tahun lalu, diperkirakan juga akan selesai pada akhir tahun 2017 ini.

"Butuh perhatian ekstra terhadap struktur konstruksi pembangun, hal ini karena kondisi geografis Inhil yang sering mengalami banjir, ditambah lagi dengan struktur kondisi tanah yang bergambut" paparnya.

Untuk diketahui, proyek pembangunan jalan yang dikucurkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI melalui Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II (Dua) Provinsi Riau dengan pagu dana sebesar Rp45,37 miliar tersebut, dilaksanakan oleh PT Naga Mas Mitra Usaha dengan Nilai Pelaksanaan Rp39,98 miliar.

Disamping itu, Bupati Inhi, Muhammad Wardan berharap, proses pembangunan ini dapat berjalan lancar hingga selesai. Selain ruas jalan tersebut merupakan akses vital keluar masuknya kendaraan menuju ibu kota Kabupaten Inhil, hal ini juga merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam melakukan pemerataan pembangunan di Kabupaten Inhil.

"Pembangunan ruas jalan ini memang merupakan salah satu komitmen Pemerintah Daerah terhadap peningkatan infrastruktur di Kabupaten Inhil, meski pembangunan sedikit terlambat namun tetap akan dilaksanakan. Karena sudah menjadi tuntutan publik dan komitmen pemkab," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, peningkatana infrastruktur jalan dan sebagainya memang sudah menjadi salah satu target Prioritas Pemkab Inhil, mulai dari ruas jalan menuju Ibukota Kabupaten hingga infrastruktur jalan Kecamatan menuju desa terpencil.

Selain itu, banyak pula dampak yang akan ditimbulkan dari lancarnya akses menuju ibukota Kabupaten, terutama terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat," ungkapnya.

(ADV)

Oleh: Adriah Akil