Disdik Riau: 4G LTE Telkomsel Penopang Dunia Pendidikan

id disdik riau, 4g lte, telkomsel penopang, dunia pendidikan

Disdik Riau: 4G LTE Telkomsel Penopang Dunia Pendidikan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Teknologi layanan 4G LTE yang dihadirkan Telkomsel di Seluruh Ibu Kota Kabupaten (IKK) Area Sumatera dipastikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau sangat menopang kemajuan dunia pendidikan, baik bagi guru selaku pengajar maupun murid selaku penerima ilmu. Betapa tidak kecanggihan, kecepatan dan kelengkapan layanan 4G LTE mempermudah, mempercepat dan menyelesaikan setiap proses transfer knowledge bagi siswa dan sebaliknya menambah wawasan pemahaman bagi para pengajar.

Contoh kasus kebijakan pemerintah memberlakukan sistem ujian akhir dalam jaringan atau dikenal dengan istilah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol sangat terbantukan oleh teknologi 4G LTE milik Telkomsel. "UN berbasis komputer itu memang sangat memerlukan fasilitas internet yang baik dan cepat," ucap Kamsol. Dengan layanan 4G LTE Kamsol menilai akan mampu mempermudah program UNBK bisa diterapkan kabupaten/kota se-Riau. "Untuk UN saja bahkan sekolah-sekolah sangat memerlukan layanan internet yang baik dalam mengimput data dapodik dalam sistem dapodikmen," urainya.

Sebab itu terang dia lagi data yang dimiliki sekolah tersebut akan dijadikan rujukan untuk perhitungan dana bos dan pelayanan pendidikan lainnya. Sebab semua sudah berbasis web dan memakai layanan internet. Apalagi layanan 4G LTE Telkomsel kini sudah menjangkau sekolah di kabupaten/kota dengan sarana jaringan terluasnya se Area Sumatera . "Dengan hadirnya program dan layanan 4G LTE Telkomsel ini akan berdampak baik dari pelayanan IT dan sangat mendukung kinerja apalagi pemerintah provinsi Riau sudah GO IT," tuturnya pula.

Ia menambahkan pada umumnya untuk pendidikan menengah di provinsi Riau sudah melek IT. Pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah ada yang sudah menggunakan IT bahkan sampai pada tingkat pendidikan dasar SD dan SMP. "Kita sama-sama tahu bahwa hp berbasis android untuk kalangan pelajar sudah tidak asing lagi dan pemerintah terus menerus melengkapi sarana dan prasarananya itu, terlihat dari peningkatan sekolah yg menggunakan UNBK dari tahun ke tahun bahkan SMK sudah diatas 60 persen," tambahnya.

Perlu diketahui sebelumnya diberitakan Telkomsel Operator pertama hadirkan layanan 4G LTE di seluruh Ibu Kota Kabupaten Area Sumatera. Lebih dari 2.000 BTS 4G layani seluruh masyarakat di area Sumatera, Telkomsel komitmen untuk melayani masyarakat Indonesia dengan layanan mobile broadband yang berkualitas setara dengan kota besar. Pembangunan secara agresif terus dilakukan dengan melebarkan jangkauan layanan 4G LTE ke berbagai wilayah hingga destinasi wisata dan perbatasan negara. Kini layanan 4G LTE Telkomsel telah hadir dan dapat dirasakan oleh masyarakat seluruh Ibu Kota Kabupaten (IKK) Telkomsel Area Sumatera yang berjumlah sebanyak 154 IKK, termasuk Ranai di Kepulauan Natuna yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Peresmian penggelaran jaringan 4G LTE Telkomsel di seluruh IKK Area Sumatera dilakukan secara bersamaan di Kalianda ,kabupaten Lampung Selatan dan Jambi beberapa waktu yang lalu ujar Manager Telkomsel Branch Pekanbaru Eko Atmaja.

Dalam waktu lima bulan terakhir, Telkomsel telah melakukan pembangunan lebih dari 1.000 eNode B atau base transceiver station (BTS) 4G LTE baru di Area Sumatera. Dalam menggelar jaringan 4G, Telkomsel selalu memastikan bahwa konektivitas pelanggan dengan layanan Telkomsel 4G LTE tetap terjaga pada saat beraktivitas baik di lokasi indoor maupun outdoor. Hadirnya layanan Telkomsel 4G LTE akan memberikan pelanggan pengalaman mobile digital lifestyle yang sesungguhnya, di mana layanan ini akan memungkinkan pelanggan untuk dapat melakukan download, upload, ataupun sharing berbagai jenis konten dalam file besar seperti foto, video, games, aplikasi, dan lain sebagainya dengan lebih baik.

"Kami harap hadirnya layanan 4G LTE di seluruh IKK Area Sumatera akan mendukung pembangunan wilayah ini, sehingga sejajar dengan kota besar lainnya, di mana salah satu indikatornya adalah penerapan teknologi terkini. Kami pun percaya layanan ini akan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat, khususnya dalam mencari dan bertukar informasi dengan lebih cepat,"tambah Eko Atmaja.

Saat ini Telkomsel telah melayani lebih dari 48 juta pelangan di Area Sumatera, di mana 23 juta di antaranya merupakan pengguna layanan data. Dari jumlah tersebut, sekitar 4,5 juta pelanggan sudah menggunakan layanan 4G LTE. Dalam kurun waktu setahun, penggunaan layanan data Telkomsel di wilayah ini meningkat 135persen, di mana pelanggan paling sering menggunakan layanan data untuk beraktivitas di media sosial, serta menikmati layanan video dan bertukar pesan instan.

Kenyamanan pelanggan Telkomsel di Area Sumatera dalam berkomunikasi didukung lebih dari 28.000 BTS, di mana separuhnya merupakan BTS broadband (3G dan 4G). Layanan 4G LTE sendiri disokong jaringan handal dengan penggelaran lebih dari 2.000 eNode B.