Kampar Terapkan Aplikasi Kasda Online Interface SIPKD Di Riau

id kampar terapkan, aplikasi kasda, online interface, sipkd di riau

Kampar Terapkan Aplikasi Kasda Online Interface SIPKD Di Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pj Bupati Kampar, H Syahrial Abdi melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Dirut PT. Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari tentang pengembangan dan penggunaan aplikasi Kasda online interface SIPKD dalam rangka optimalisasi keuangan pemerintah Daerah di kantor pusat Lt. 8 Menara Dang Merdu Pekanbaru, Selasa (4/4).

"Kabupaten Kampar pertama kali melakukan Nota Kesepahaman dengan Bank Riau Kepri tentang laporan keuangan daerah sistem online, sedangkan Kabupaten/Kota belum ada yang melakukannya, ini salah satu prestasi terbaik, ini capaian yang sangat luar biasa oleh BPKAD dan perlu diberikan apresiasi," kata bupati dalam sambutanya usai melakukan meneken MoU itu.

Dia mengatakan pada April ini, Kasda online mulai dilaksanakan oleh BPKAD dalam pengelolaan keuangan daerah bekerjasama dengan PT. Bank Riau Kepri Pekanbaru agar mempermudah pengurusan terhadap SIPKD maupun pihak ketiga yang menjadi mitra kerja pemerintah sehingga anggaran tersebut transparan dan akuntabel dan akan diteruskan dengan pihak PT Bank Riau Kepri cabang Bangkinang.

Sementara, Dirut PT. Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari menyebutkan kerjasama itu untuk membantu Pemda dalam memantau penerimaan dan pengeluaran secara rinci.

"Ini merupakan tindak lanjut dari himbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk Pemerintah Daerah agar memberikan laporan keuangan yang transparan kepada Masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPKAD, Edwar mengatakan bahwa kerjasama aplikasi ini memudahkan BPKAD dalam sistem pelaporan keuangan setiap harinya dan diharapkan juga direkond setiap bulan itu antara dua pihak, Kasda dan pihak bank Riau Kepri.

"Nanti akan ada laporan realtime dan muaranya akan membuat pelaporan kita lebih transparan pungkas Edward.

Penandatanganan itu dihadiri Kepala Bappeda Kampar, Ir. Azwan, Kepala BPKAD Kampar, Edwar dan Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Bangkinang, Restu. (adv)