Ini Tanggapan Bupati Inhil Soal Peringatan Hari Kesehatan Gigi Dunia

id ini tanggapan, bupati inhil, soal peringatan, hari kesehatan, gigi dunia

Ini Tanggapan Bupati Inhil Soal Peringatan Hari Kesehatan Gigi Dunia

Tembilahan (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau Muhammad Wardan mengapresiasi kemeriahan kegiatan sikat gigi massal yang digelar oleh persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Inhil bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) pada peringatan hari kesehatan gigi dan mulut dunia, Kamis pagi (6/4).

"Kegiatan sikat gigi massal ini merupakan kegiatan yang digelar ketiga kalinya. Kegiatan yang pertama digelar pada tahun 2015 lalu belum diikuti dengan peserta sebanyak sekarang, Pada tahun kedua dilaksanakan di Kempas, jumlah peserta waktu itu mulai meningkat hampir mencapai 1000 peserta dan pada tahun ke tiga ini, Alhamdulillah pesertanya sudah mencapai angka 2000 orang," terang Bupati Kabupaten Inhil, Muhammad Wardan di Tembilahan, Kamis.

Kegiatan sikat gigi massal yang dipusatkan di lapangan Gajahmada Kota Tembilahan tersebut, diikuti oleh 2000 peserta yang terdiri dari siswa SD, TK dan PAUD.

dalam sambutannya, Wardan mengatakan, kegiatan sikat gigi massal tersebut merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut yang perlu dilakukan sejak dini.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat, kepedulian para siswa terhadap kesehatan gigi dan mulut mereka," ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Wardan, menyikat gigi merupakan sebuah langkah penting yang mesti dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh.

"Bakteri-bakteri yang berada di mulut dan gigi, jika tidak dibersihkan secara rutin, akan berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh," ujarnya.

Lebih lanjut Wardan mengatakan, sinergi Dinkes dan Disdik Inhil dalam kegiatan ini, dilatarbelakangi oleh keinginan Pemerintah Kabupaten Inhil untuk senantiasa melaksanakan pemerataan pelayanan kesehatan, dalam hal ini kesehatan gigi dan mulut.

"Melalui kegiatan ini, Pemerintah daerah ingin menyebarluaskan pola hidup sehat, terlebih dahulu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, kita juga ingin memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut bagi anak-anak mereka, sehingga nantinya timbul kesadaran orang tua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anaknya," tuturnya.

Begitu pula terhadap Kepala Sekolah dan Majelis Guru, Wardan mengharapkan agar dapat senantiasa memberikan edukasi kepada para siswa terkait pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Saya juga minta perhatian Kepala Sekolah dan majelis guru dalam kegiatan ini, Jangan hanya menjadikan ini sebatas kegiatan seremonial belaka.Namun diharapkan mampu memberikan edukasi bagi para siswa agar konsisten menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi secara rutin atau dengan memeriksakan diri ke Dokter gigi setiap enam bulan sekali," pintanya.

Selain kegiatan sikat gigi massal, peringatan hari kesehatan gigi dan mulut dunia juga dirangkai dengan pembacaan ikrar sikat gigi oleh sepasang Dokter Kecil dihadapan ribuan peserta, penyerahan sikat gigi secara simbolis oleh Bupati Inhil, Muhammad Wardan kepada perwakilan peserta, penyerahan plakat kepada SDN 009 Tembilahan sebagai SD Binaan, pelepasan balon udara, senam bersama pengurus PDGI Cabang Inhil dan para peserta. (ADV)

Oleh: Adriah Akil